Antisipasi Penyalahgunaan Fasum

Pihak Kelurahan Graha Indah Berikan Imbauan Kepada Warga


26 Sep 2019, 13:13:35 WIB

Antisipasi Penyalahgunaan Fasum

TEGURAN: Salah satu petugas Kelurahan Graha Indah, Marzuki memberikan teguran kepada sopir yang memarkirkan truknya di pinggir jalan.


BalikpapanPos-online.co.idUntuk menghindari penyalahgunaan tempat fasilitas umum (fasum), pihak kelurahan Graha Indah langsung menyambangi beberapa pedagang kaki lima (PKL) di lingkungannya untuk memberikan teguran sekaligus menyampaikan imbauan tentang larangan penggunaan fasum.

Para PKL yang disambangi pihak kelurahan, memang yang sengaja menjajakan dagangannya di atas trotoar maupun di pinggir jalan. Meskipun sudah jelas-jelas melanggar peraturan daerah nomor 10 tahun 2017 tentang ketertiban umum, pihak kelurahan hanya memberikan imbauan.

"Kemarin kami memberikan imbauan kepada para PKL supaya tidak berdagang di tempat fasum. Imbauan dan teguran ini dilakukan berdasarkan perda tentang ketertiban umum," ujar Lurah Graha Indah Satrio kepada Balikpapan Pos, Rabu (25/9) siang.

Tak hanya para PKL di seputaran kelurahan Graha Indah, para sopir yang memarkirkan truknya dengan sembarangan di seputaran Jalan Projakal, Balikpapan Utara, juga turut disambangi petugas untuk memberikan teguran karena tempat mereka parkir juga merupakan bagian dari fasum.

"Para sopir juga kami berikan teguran secara lisan agar tidak parkir sembarangan di pinggir jalan. Kami menyarankan supaya para sopir memarkirkan kendaraannya di halaman rumah masing-masing. Jadi tidak menganggu pengguna jalan lainnya," ungkap Satrio.

Selain itu, kepada para pedagang di pinggir jalan juga diimbau pihak kelurahan supaya menyediakan tempat sampah. Agar tidak membuang sampah sembarangan terlebih ke dalam parit, sebab itu akan menyebabkan parit tersumbat yang tentu akan menyebabkan air meluap jika musim penghujan tiba.

"Setiap melakukan monitoring, kami selalu mengimbau warga terkait penyalahgunaan fasum, begitu juga untuk menjaga kebersihan, serta semua hal yang berkaitan dengan ketertiban umum," pungkasnya. (gan/san)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di