Avanza Tercebur ke Sungai

Sopir Mabuk dan Beri Keterangan Palsu, Tim SAR Gabungan Kena Prank


10 Agu 2020, 09:01:40 WIB

Avanza Tercebur ke Sungai

EVAKUASI: Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi mobil avanza yang tercebur di Sungai Mahakam, kemarin (9/8). Sementara pengemudi bernama Kevin dimintai keterangan oleh petugas.


balpos.com,BALIKPAPAN - Warga Samarinda dihebohkan dengan adanya insiden mobil tercebur di Sungai Mahakam, Minggu (9/8) pagi, jelang kesibukan aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso, Samarinda Kota. Kuli dan sekuriti pelabuhan dibuat geger saat melihat sebuah mobil Toyota Avanza putih terjun bebas ke dalam Sungai Mahakam, Minggu (9/8) sekira pukul 05.30 Wita.

Tak berapa lama, seorang pria keluar dari dalam mobil bernopol KT 1256 ZC yang perlahan mulai tenggelam. Pria berkaos merah tersebut mencoba berenang diantara banyaknya rumput dan sampah yang memenuhi sekitar mobilnya yang tenggelam.

Pria yang belakangan diketahui bernama Kevin Joshua Tarihoran (22) tampak panik dan berbicara ngelantur begitu ditemui petugas sekuriti. Rupanya warga Rapak Dalam, Samarinda Seberang ini dalam pengaruh minuman keras (miras).

Dari informasi, Kevin merupakan pemilik mobil naas tersebut. Mobil miliknya itu disewa dan digunakan pada malam sebelum kejadian sekira pukul 22.00 Wita. Diperkirakan penumpang di dalam mobilnya berjumlah 6 orang.

Mereka kemudian menuju salah satu tempat hiburan malam (THM) di Jalan Imam Bonjol. Usai berpesta miras, Kevin rupanya mabuk berat, kemudian mobil dikemudikan salah satu penyewa dan mengarah ke Jalan Pelabuhan. Sesampai di jalan itu, para penumpang turun. Sedangkan Kevin dibiarkan tidur di dalam mobil. Selang tak berapa lama ditinggal, rupanya Kevin bangun dan langsung tancap gas menerobos gerbang masuk pelabuhan hingga tercebur ke dalam sungai di ujung kanan area pelabuhan.

Saat ditanya petugas, Kevin yang mabuk sempat menyebut jika di dalam mobil terdapat penumpang lain yang ikut tercebur bersama mobil yang dikemudikannya. Namun, Kevin tak bisa merinci berapa jumlah penumpang. Kadang dirinya menyebut 7 penumpang, 5 penumpang dan terakhir 3 penumpang.

Lantaran kondisinya yang tidak stabil dan omongannya ngelantur itulah Kevin kemudian diamankan di Polsek Kawasan Pelabuhan (KP) untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Sebelum mobil yang dikemudikan Kevin tercebur, seorang petugas jaga pelabuhan, Pipit Mai Sandra (45) menjelaskan, sekira pukul 04.45 Wita dirinya membuka pintu gerbang pelabuhan lantaran aktivitas bongkar muat pelabuhan segera dimulai.

"Selang tak berapa lama pintu gerbang terbuka, masuklah mobil Avanza putih yang dikemudikan Kevin. Saya sempat menegur tapi mobil tersebut tetap melaju kencang ke arah kanan ujung area pelabuhan," kata Pipit.

Laju kendaraan yang dikemudikan Kevin juga disaksikan sekuriti Dian (23). "Saat melintas saya hanya melihat seorang pengemudi saja. Tidak tahu apakah ada penumpang lainnya atau tidak. Begitu tercebur, Kevin keluar dengan basah kuyup sembari sempoyongan, kami tolong ke darat," ujar Dian.

Lantaran dari pengakuannya terdapat penumpang lain itulah membuat petugas kepolisian dan relawan gempar. Tim SAR Gabungan memulai proses pencarian bangkai mobil dan juga penumpang di dalamnya sekira pukul 07.00 Wita.

Sebanyak enam penyelam tim SAR Gabungan diterjunkan di titik lokasi awal mobil tenggelam.

Kendala saat penyelaman juga ditemui petugas, yakni jarak pandang di dalam sungai. Selain itu banyaknya sampah berupa kayu-kayu besar serta tanaman juga membuat upaya pencarian terhambat.

"Arus cukup deras di bawah, jarak pandang nol, dan banyak kayu serta sampah," ucap Danyon B Pelopor Brimob Polda Kaltim, AKBP Handri Wira Suriyana melalui Danki SAR, Iptu Elan S

Tim SAR akhirnya menemukan mobil di dasar sungai dengan kedalaman mencapai 12-15 meter dengan jarak mencapai 30-50 meter dari bibir sungai sekira pukul 11.30 Wita. Mobil baru ditemukan setelah pencarian di titik keempat.

Tim SAR kemudian meminta bantuan unit crane yang terdapat di pelabuhan untuk mengangkat bangkai mobil Avanza tersebut yang disaksikan ratusan warga yang menonton dari tepi sungai.

Namun saat separuh mobil terangkat, tidak ada tanda-tanda sosok tubuh  penumpang yang disebutkan oleh Kevin.

Hingga mobil berhasil diangkat ke atas dermaga, keberadaan penumpang pun tidak terlihat. Kondisi pintu mobil tertutup. Saat dilakukan pemeriksaan, petugas hanya menemukan sebuah gitar, pancingan, tas, dan dompet berisi uang, kartu ATM, dan STNK.

"Tidak ada korban di dalam mobil. Tapi kami masih menunggu lagi hasil pemeriksaan dari pihak Polsek KP Samarinda," jelas Elan.

Setelahnya, Tim Inafis Polresta Samarinda segera melakukan penyidikan serta mengumpulkan sejumlah barang-barang yang terdapat di dalam mobil. Usai mengumpulkan barang-barang, mobil ditutup terpal berwarna oranye dan diberi garis polisi.

Sementara itu di Kantor Polsekta Kawasan Pelabuhan, polisi masih sibuk memintai keterangan Kevin. Penyidik seperti dibikin kepayahan olehnya. Lantaran keterangan dan kesaksian yang diberikan berubah-ubah.

Diduga, sejumlah penumpang di dalam mobil saat tercebur ke dalam sungai yang disebutkan Kevin hanyalah halusinasinya belaka, akibat dirinya terpengaruh miras.

"Kami masih mintai keterangan. Sepertinya karena dalam keadaan mabuk dia belum bisa menjawab pertanyaan kami dengan benar," kata Kapolsekta Kawasan Pelabuhan Kompol Aldy Alfa Faroqi.

Dilanjutkan Aldy, hingga saat ini Kevin masih berstatus sebagai saksi. Sebelum tercebur Kevin memang sempat mengangkut penumpang. Untuk itu pihaknya masih akan mengonfirmasi para penumpang yang dibawa Kevin.

"Dua saksi tengah kami periksa, yakni seorang sekuriti dan satu orang penumpang Kevin. Akan kami cocokkan keterangan dan informasi yang kami dapatkan di lapangan. Sebab sejauh ini Kevin masih dipengaruhi miras," pungkas Aldy. (yad/kis/kpg/cal)




Moderated by balpos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Kurs Valuta

UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40