Awal Desember, Mutasi Kepala-Kepala OPD?

Lantik 59 Pejabat, Rahmad Ingatkan Tetap Patuhi Prokes


21 Sep 2021, 09:28:44 WIB

Awal Desember, Mutasi Kepala-Kepala OPD?

SERIUS:Wali Kota Rahmad Mas’ud (kanan) menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan 59 pejabat eselon III dan IV, di Aula Kantor Balaikota, pada Senin (20/9)


BALIKPAPAN-Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud bisa melakukan mutasi ASN tanpa rekomendasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) setelah 6 bulan dilantik sebagai kepala daerah. Dasar mutase tanpa rekomendasi tersebut sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai.

Dalam aturan itu lebih menekankan kepada aturan bahwa untuk pengisian jabatan-jabatan mutasi itu ada prosedur. Salah satunya bisa melaksanakan mutasi tanpa rekom asal setelah enam bulan larangan melakukan mutasi.

"Kalau hitungan 6 bulan setelah pelantikan, maka mutasi tanpa rekomendasi Mendagri sudah bisa dilakukan akhir November atau awal Desember 2021. Sebab Pak Rahmad dilantik akhir Mei 2021," ujar salah satu pejabat senior di lingkungan Pemkot Balikpapan, kepada Balikpapan Pos, usai pelantikan 59 pejabat setingkat eselon III dan IV, di Aula Kantor Balaikota, pada Senin (20/9) siang.

Puluhan pejabat yang dilantik tersebut merupakan pejabat administrator dan pengawas di sejumlah OPD di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan, semoga para pejabat yang baru dilantik ini bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, guna memantapkan kinerja pemerintah kota Balikpapan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Serta melaksanakan agenda pembangunan di Kota Balikpapan.

"Meskipun pemerintah daerah memiliki hak prerogatif, untuk menentukan keputusan dan kebijakan dalam proses pembinaan manajemen ASN. Namun pelantikan ini juga dilakukan dengan ketat dengan memperhatikan kompetensi para pejabat serta mempertimbangkan ketentuan dan peraturan tentang kepangkatan dan kepegawaian," ujarnya kepada awak media, Senin (20/9).

Dia berharap, semoga para pejabat yang baru dilantik, dapat menerima jabatan yang baru dan dimana pun ditempatkan. Tetap bekerja secara profesional, disiplin dan cepat beradaptasi serta fokus dalam melayani masyarakat terutama dalam pemulihan ekonomi yang terimbas akibat pandemi Covid-19.

Ia menjelaskan, di samping itu kita ketahui bersama-sama, bahwa kota Balikpapan merupakan daerah yang menjadi referensi bagi banyak daerah dalam hal keberhasilan dalam pembangunan.

Namun, masih banyak yang harus kita benahi oleh karena itu saya ingin dapat terus mendorong kinerja pembangunan dalam mengedepankan inovasi dan gagasan baru seiring perkembangan dan perubahan jaman yang semakin cepat.

Wali Kota meminta kepada seluruh jajaran pemerintah kota Balikpapan untuk selalu bekerja secara maksimal dan ketat menerapkan protokol kesehatan. Meskipun saat ini status PPKM di Kota Balikpapan mengalami penurunan mejadi level 3 dimana sebelumnya level 4.

"Maka dari itu, penerapan protokol kesehatan di seluruh kantor OPD dan para pegawai tidak kendor. Sehingga nantinya bisa menjadi teladan bagi masyarakat kota Balikpapan," pungkasnya. (djo/vie)

 

Beberapa pejabat yang dilantik Wali Kota Rahmad Mas’ud kemarin:

-Djonaziansyah, Sekretaris Dinas Perhubungan

-Agung Budi Wibowo, Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan

-Boedi Liliono, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu

-Umar Adi, Sekretaris Camat Balikpapan Tengah

-Arsulul Chairi, Sekretaris Camat Balikpapan Barat

-Muhammad Jali, Lurah Batu Ampar

-Paing, Lurah Sumber Rejo

-Munir Achmad, Lurah Baru Ilir

-Masriani, Sekretaris Lurah Sepinggan Baru

Sumber : Humas dan Protokol Pemkot Balikpapan




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di