Ditinggal Bekerja, Rumah Ludes Terbakar




09 Jan 2020, 15:17:04 WIB

Ditinggal Bekerja, Rumah Ludes Terbakar

HANGUS: Rumah bangsal di Jalan Gerilya, Sungai Pinang Samarinda, habis terbakar, kemarin (8/1).


balpos.com, SAMARINDA - Tengah asik memperbaiki motor, Sudirman (40) langsung menghentikan kegiatannya. Dilihatnya asap hitam disertai jilatan api berkobar di rumah tepat diseberang jalan kediamannya, kemarin (8/1). Rupanya saat dilihat rumah bangsalan kayu tengah terbakar, sekitar pukul 08.50 Wita.

Warga Jalan Gerilya, Gang Keluarga, Kelurahan Sungai Pinang dalam, Kecamatan Sungai Pinang ini pun meminta bantuan warga sekitar untuk memadamkan api meskipun dengan cara manual

Sayang, cepatnya rambatan api, secara perlahan meludeskan hampir seluruh bangunan. Bahkan api mulai menjalar di sisi kanan dan kiri bangunan rumah warga lainnya.

Sudirman memastikan jika asal api berasal dari bangsal milik Yanti Muslimah (30), Yanti sendiri tengah bekerja, begitupun suaminya.

"Saya yang pertama datang dan melihat langsung rumah bangsalan itu terbakar. penghuninya mungkin sedang bekerja saat api berkobar karena tidak ada orang yang keluar," kata Sudirman.

Di saat api berkobar, barulah terdengar sekali suara ledakan, diduga ledakan itu berasal dari tabung gas yang ada di dapur rumah.

"Tidak ada barang berharga yang bisa diselamatkan dari dalam rumah Yanti, kami mau bantu mengeluarkan tapi api keburu besar," ungkap Sudirman.

Sementara Riyanto (36) suami Yanti Muslimah pemilik rumah menerangkan, saat kejadian ia sedang meninggalkan rumah dan baru mengetahui terjadi kebakaran setelah mendengar kabar dari tetangga dan kerabatnya,"Rumah lagi kosong Mas, saya berangkat kerja dari jam delapan, istri juga sedang antar anak saya sekolah," ucapnya sambil menggendong buah hatinya yang sedang menangis.

Tak satupun barang di dalam rumah yang bisa selamat, hanya baju di badan yang kini tersisa. Begitupun dengan perlengkapan sekolah putranya.

Di tengah petugas pemadam sedang melakukan pembasahan, terlihat beberapa warga sedang membantu Yanti yang sedang mencari harta bendanya. Lembaran rupiah yang nyaris habis terbakar, terlihat dikumpulkan dalam kantong plastik kuning.

"Uang itu buat renovasi rumah," jawab singkat Riyanto.

Jalan yang sempit, serta susahnya sumber air menjadi rintangan bagi petugas pemadam kebakaran bersama relawan untuk segera memadamkan api. Usai bejibaku selama 45 menit api berhasil dipadamkan.

"Akses jalan cukup sulit, naik turun bukit, bebapa unit tangki berukuran besar kesulitan untuk bisa masuk ke area terbakar. Untungnya semua bisa teratasi," ucap Humas

Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda Heri Suhendra.

Setidaknya, akibat kebakaran ini empat bangunan terdiri dari tiga rumah tunggal dan satu bangsalan dua pintu hangus terbakar. Hal ini mengalibatkan 17 jiwa dari 4 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

"Berdasarkan keterangan di lapangan, diduga karena korsleting listrik, untuk pastinya masih kami selidiki lebih lanjut," terangnya Kapolsek Sungai Pinang, Kompol Ramadhanil melalui Kanit Reskrim, Iptu Fahrudi. (kis/kpg/cal)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Kurs Valuta

UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40