DKUMKMP dan AP I Sinergi Promosi Hasil Produk UMKM di Bandara

Bakal Libatkan 90 UMKM Balikpapan


08 Sep 2021, 09:24:27 WIB

DKUMKMP dan AP I Sinergi Promosi Hasil Produk UMKM di Bandara

SINERGI : DKUMKMP Balikpapan dan PT. Angkasa Pura I SAMS Sepinggan Balikpapan bekerjasama dalam mempromosikan hasil produk UMKM Balikpapan di lingkungan bandara


BALIKPAPAN--Dalam rangka meningkatkan sarana prasarana promosi bagi hasil produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), tentunya memerlukan suatu sarana promosi dan publikasi. Salah satu tempat yang berpotensi untuk  melakukan promosi dan publikasi yaitu di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan.

Oleh karenanya, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan melakukan perjanjian kerja sama (PKS) dengan PT. Angkasa Pura I selaku pengelola  Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pada Selasa (7/9) di Kantor DKUMKMP Balikpapan.

"Kerjasama ini meliputi penyediaan fasilitas berupa tempat untuk promosi, kemudian pelatihan dan pembinaan terhadap UMKM," terang Kepala DKUMKMP Adwar Skenda Putra kepada Balikpapan Pos, Selasa (7/9).

Edo--sapaan akrab Adwar, menerangkan bahwa kedua belah pihak telah melakukan penandatangan PKS  ini pada 12 Agustus 2021. Namun, terpaksa dilaksanakan secara desk to desk mengingat masih dalam masa pandemi.

"Pada hari ini 7 September 2021, baru dapat dilakukan ceremony perjanjian kerja sama dengan kehadiran General Manager PT. Angkasa Pura I beserta manajemen di DKUMKMP Balikpapan," kata Edo.

Dalam hal ini, Edo mengungkapkan bahwa kedua belah pihak turut membahas mengenai pemberdayaan dan pengembangan UMKM oleh AP I. Kemudian,  disepakati pula bahwa AP I  bersedia untuk berkolaborasi dalam festival maupun gelar produk UMKM baik di dalam bandara maupun di luar bandara.

"Jadi nantinya semua UMKM binaan DKUMKMP akan terlibat, khususnya yang memiliki produk. Nanti kita verifikasi produk mana saja yang bisa ditampilkan. Saat ini UNKM binaan kita ada sekitar 90 UMKM," jelas Edo.

Adanya PKS ini, lanjut Edo, juga merupakan langkah awal terkait rencana AP I untuk membangun suatu showcase besar yang menggambarkan ciri khas Balikpapan. "Maka itu, kami diminta untuk dapat menyiapkan UMKM agar bisa terlibat di sini. Rencananya itu akan dibuat seperti showcase seperti bandara Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA)," tuturnya.

Lebih jauh Edo menambahkan, pihaknya bersama AP I saat ini berkomitmen untuk menyiapkan segala sesuatunya, termasuk kegiatan AP I yang akan menggelar festival kuliner di lingkungan bandara SAMS Sepinggan .

Diketahui, dalam pertemuan ini General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Barata Singgih Riwahono menyampaikan bahwa penyediaan sarana bagi seluruh produk UMKM Balikpapan diupayakan akan seperti yang sudah ada di bandara-bandara di bawah naungan AP I. Misalnya, Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Diharapkan pertemuan ini dapat lebih meningkatkan pemasaran dan pendapatan dari UMKM di Kota Balikpapan. (cha/han)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di