DKUMKMP Dorong Peningkatan Kualitas UMKM Balikpapan

Lewat Eksibisi dan Forum Smart City Guna Hadapi Pasar Global


08 Des 2021, 09:36:26 WIB

DKUMKMP Dorong Peningkatan Kualitas UMKM Balikpapan

EVENT INVESTASI: DKUMKMP Balikpapan saat mengikuti Indonesia Japan Business Forum and Expo (IJB Forum & Expo) 2021 di Claro Hotel, Makassar pada 11 – 13 November 2021 guna menampilkan potensi investasi dan produk unggulan Balikpapan. Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas


BALIKPAPAN—Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan terus aktif melakukan terobosan dan menyiapkan strategi guna meningkatkan kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Balikpapan. Salah satu upaya yang hingga kini dilakukan adalah dengan meningkatkan penguatan dan kualitas UMKM melalui pameran atau eksibisi dan forum bisnis.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian (DKUMKMP) Balikpapan, Adwar Skenda Putra mengungkapkan, belum lama ini DKUMKMP mengajak beberapa pelaku UMKM ataupun pengrajin untuk mengikuti Indo Smart City Forum & Expo 2021 serta Rapat Kerja Teknis Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tahun 2021  di The Rich Jogja Hotel, Yogyakarta  pada 13-15 Oktober 2021.

“Di dalam kegiatan Raker Apeksi ini, kami juga mengajak para pelaku UMKM untuk menghadiri forum mengenai Smart City. Bahkan, Kota Balikpapan juga didaulat sebagai salah satu narasumber dalam forum tersebut,” kata Adwar kepada Balikpapan Pos, Senin (6/12) lalu.

Di dalam kegiatan yang mengusung tema “Membangun Ekosistem Smart City Berkelanjutan Bagi Penanggulangan Pandemi” , Edo—sapaan akrab Adwar Skenda Putra mengatakan bahwa DKUMKMP Balikpapan Bersama para pelaku usaha dari seluruh Indonesia saling berdiskusi  guna menghadapi pasar global.

Selain itu, DKUMKMP Balikpapan juga mengikuti Indonesia Japan Business Forum and Expo (IJB Forum & Expo) 2021 di Claro Hotel, Makassar  pada 11 – 13 November 2021  lalu. Edo mengatakan, dalam kegiatan ini DKUMKMP Balikpapan juga turut bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Balikpapan.

“Kami Bersama-sama DPMPTSP dalam mengikuti kegiatan eksibisi IJB di Makassar ini,” katanya.

Dijelaskan, IJB Forum & Expo ini digelar bertujuan untuk peningkatan kerja sama bidang ekonomi Indonesia dan Jepang,  adanya transfer teknologi ramah lingkungan dari Jepang ke Indonesia, peningkatan kualitas produk unggulan daerah dan produk halal Indonesia untuk memasuki pasar ekspor Jepang. Terakhir, untuk  penguatan posisi Jepang sebagai mitra strategis Indonesia.

Adapun produk dan jasa yang ditampilkan oleh Indonesia termasuk Balikpapan adalah potensi investasi daerah, produk unggulan daerah, produk halal, kawasan industry, produk Pertanian, serta  pangan dan  peternakan.

Selanjutnya, berdasarkan informasi yang dirilis oleh DKUMKMP Balikpapan disebutkan bahwa ada beberapa produk Indonesia yang siap dipromosikan ke Jepang. Antara lain, produk olahan ayam, produk perikanan dan olahannya, produk makanan ringan, produk sayur (segar dan beku), produk buah (segar dan beku) dan cangkang sawit. (cha/ono)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di