DLH Pasang Kubus Apung di DAS Batakan III

Cegah Banjir Hanya Untuk Sementara


14 Jan 2020, 10:01:32 WIB

DLH Pasang Kubus Apung di DAS Batakan III

ATASI SAMPAH: Kubus apung di DAS Batakan III diharapkan mampu mengatasi masalah sampah dan memudahkan pembersihan.


balpos.com, BALIKPAPAN - Seringnya banjir di daerah Gang Amal, tepatnya daerah aliran sungai (DAS) Batakan III, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur,  disebabkan buruknya aliran sungai, yakni terjadi penyempitan, dan banyaknya sampah yang mengapung.

Untuk meminimalisir banjir, pihak Kelurahan Manggar, mitra, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), satuan petugas (satgas) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan, dan warga sekitar telah melakukan kerja bakti massal (KBM), Minggu (12/1) lalu. Diharapkan langkah sementara itu bisa mencegah banjir yang terjadi, khususnya di RT 51. Mengingat daerah itu, jadi pusat sampah menggenang.

Usai dilakukan KBM, sebagai langkah ke depan DLH Kota Balikpapan memasang penyekat sampah, yakni kubus apung sebanyak tiga titik yang ads di DAS Batakan III sampai DAS Anak Batakan.

“Untuk kegiatan gotong-royong di Kelurahan Manggar ini (DAS Batakan III, Red) nanti akan kami tindaklanjuti dengan penyekatan sampah dari hulu ke hilar, itu akan dipasang kunus apung,” kata Kepala Bidang Kebersihan DLH Kota Balikpapan Subardiyono, saat diwawancarai Balikpapan Pos, kemarin.

Lanjut mantan Kasi Ops Satpol Kota Balikpapan ini, untuk tenaga petugas penjagaan kubus apung memanfaatkan warga sekitar Amal. Adanya rencana pemasangan itu, Subardiyono menerangkan telah berbicara dengan Ketua RT 51, Muhammad Ali.

“Ada yang jaga di sini, dan kami serahkan kepada masyarakat. Tapi adalah prioritas sendirilah untuk penjagaan itu. Karena ditugaskan untuk mengambil sampah yang dari atas (hulu) sebelum menumpuk banyak di hilir. Nanti adalah nilai sesuatu, untuk menjaga setiap harinya. Kebetulan ada kesepakatan dengan RT ada warganya yang siap membantu, petugasnya dua orang dan bertugas setiap harinya,” sambungnya.

Dirinya berharap dengan adanya pembersihan yang dilakukan di DAS Batakan III tak ada lagi sampah yang langsung dibuang ke sungai. Dan dengan penyekatan menggunakan kubus apung juga nantinya mencegah sampah ke

“Kubus apung ini membantu untuk pembersihan, karena ada penyekatan sampah. Apalagi di jembatan kembar Batakan salah satu titik pantau penilaian Adipura. Jangan sampai di situ nanti ada ngendapnya,” harapnya.

Secara terpisah Lurah Manggar, Dedy Prasetia Utama Idris mengatakan pihak DLH telah memasang kubus sampah di DAS Batakan III. “Ya tadi pagi (kemarin, Red) sudah dipasang kubus, dan petugasnya itu warga RT 51 ada dua orang,” tandas Dedy, saat ditemui di Balai Kota, kemarin siang. (wal/ono)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Kurs Valuta

UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40