Efektif Pantau Kegiatan Masyarakat dan Sosialisasi Program Pemerintah Kota

Silaturahmi Balpos dengan Lurah Sepinggan


26 Sep 2019, 13:22:51 WIB

Efektif Pantau Kegiatan Masyarakat dan Sosialisasi Program Pemerintah Kota

SINERGI: Lurah Sepinggan Bambang Subagya (tiga dari kiri) didampingi jajaran bersama wartawan dan Redaktur Balikpapan Pos Rusli Djabberi (kanan) mengabadikan momen usai sharing terkait pemberitaan.


Adanya halaman khusus kecamatan pada rubrik Balikpapan Pos ternyata menjadi perhatian khusus bagi pejabat atau pimpinan di setiap kecamatan. Bukan haya camat, tetapi juga tokoh masyarakat, ketua RT, lurah, camat, hingga kepala OPD.

ACHMAD SYAMSIR AWAL

UNTUK halaman kecamatan pada media cetak Balikpapan Pos (Balpos) memang disiapkan khusus untuik mengakomodasi segala kegiatan, program maupun kejadian di enam kecamatan. Dua halaman disiapkan dengan full color. Pertama halaman Baruteng, yang mencakup Kecamatan Barat, Utara, dan Tengah. Lalu ada Timselkot untuk Kecamatan Balikpapan Timur, Selatan, Kota (Timselkot).

Berbagai pemberitaan yang ada pada lingkup kecamatan semuanya tak lepas disajikan bagi pembaca. Seperti masalah fasilitas umum (fasum), pemberdayaan, hingga seremonial.

Hal itu pun sekiranya menjadi rujukan dan bahan monitoring bagi pengemban amanah, baik lurah dan camat. Seperti yang diutarakan Lurah Sepinggan, Bambang Subagya.

Dimana dengan terdapat halaman kecamatan sangat membantu pihaknya, untuk menyosialisasikan program pemerintah kota ke masyarakat. Bukan hanya itu, halaman kecamatan Balpos membantu dirinya dalam memantau kegiatan yang dilakukan warganya, khususnya kerja bakti massal.

“Adanya Balikpapan Pos di lingkup RT dan kelurahan, saya akui kami sangat terbantu. Terbantu sekali!. Ini karena menyajikan berita-berita sampai ke level bawah yakni tingkat RT, seperti kerusakan fasum atau pembangunan yang akan dikerjakan,” kata Bambang Subagya, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/9) lalu.

Bukan hanya membantu pihaknya dalam melakukan monitoring, atau sekadar mengetahui kegiatan yang terdapat di kelurahan lain. Tetapi diakui Bambang juga menjadi monitoring langsung wali kota, wawali dan sekda.

“Ini juga jadi bahan monitoring pimpinan kami. Memang sih kalau ada kegiatan atau apa saja, langsung di-share pada grup Whats App. Tapi ini berbeda, ada bukti fisiknya dan liput oleh orang netral,” sambung mantan Kasi Pemerintahan Kecamatan Balikpapan Timur ini.

Sementara itu, Bambang juga memberikan masukan atau saran bagi Balikpapan Pos agar program-program yang pernah diadakan dulunya kembali hadir, salah satunya Senam Sehat Keliling Kampung (SSKK) setiap Sabtu sore.

“Mungkin senam sehat Balikpapan Pos digelar lagi, karena kegiatannya sangat menyentuh hingga lapisan masyarakat di lingkungan RT. Selain mampu menggerakkan masyarakat hidup sehat, silaturahmi antarwarga semakin cair. Mereka (warga) juga senang, nanti terbit di Koran,” sebut Bambang.

Lurah Bambang juga menambahkan, mitra kerja kelurahan semakin termotivasi menjalankan program kerja lantaran dukungan dari media Balikpapan Pos. Mulai dari LPM, Tim Penggerak PKK dan karang taruna. “Sinergitas ini yang harus terus dibangun. Kebutuhan informasi yang valid sangat penting, khusus bagi masyarakat saat ini,” pungkas Bambang.

Sementara itu, Redaktur Balikpapan Pos, Rusli Djabberi menyebut hadirnya halaman kecamatan semata-mata untuk mendekatkan informasi mulai dari RT hingga level kelurahan. Khususnya informasi publik yang valid. Untuk itu, setiap reporter yang bertugas harus bisa menyajikan berita menarik dan wajib berimbang. “Hanya Balikpapan Pos yang rutin memberitakan program pemerintah kota yang berjalan hingga di level RT dan kelurahan. Salah satunya kegiatan kerja bakti massal. Mungkin pemberitaaanya terlihat sederhana, tetapi Balikpapan Pos ingin semangat gotong royong di tengah masyarakat tak luntur,” ucap Rusli.

Dengan sinergitas sampai ke level bawah, Rusli berharap seluruh jajaran kelurahan termasuk RT bahkan tokoh masyarakat, peka akan setiap kejadian di tengah masyarakat.

“Jadi silaturahmi ini sekaligus memastikan komunikasi Balikpapan Pos berjalan baik. Sinergitas terus terbangun meskipun ada rotasi pejabat hingga pergantian ketua RT. Semangat membangun dengan keterbukaan informasi melalui media massa harus dipertahankan,” pungkasnya. (*/rus)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di