Jalan Ruhui Rahuyu Ditetapkan KTL Terbatas

Mulai Pukul 16.00 Wita Kendaraan Bisa Parkir di Bahu Jalan


14 Jan 2020, 11:48:28 WIB

Jalan Ruhui Rahuyu Ditetapkan KTL Terbatas

TERTIB LALULINTAS:Kendaraan di bahu Jalan Ruhui Rahayu hanya bisa parkir mulai pukul 16.00 wita


balpos.com, BALIKPAPAN - Meskipun sepanjang Jalan Ruhui Rahayu, Gunung Kelurahan Bahagia, Balikpapan Selatan telah dipasang rambu dilarang parkir. Namun para pengendara tetap memarkir kendaraanya di bahu jalan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan, Sudirman Djayaleksana, khusus untuk kawasan Jalan Ruhui Rahayu telah ditetapkan wali kota sebagai Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) terbatas, artinya kawasan tersebut masih diperbolehkan warga untuk parkirkan kendaraan di bahu jalan, hanya saja pada waktu tertentu.

“Jadi kendaran warga masih boleh parkir, tapi di atas pukul 16.00 wita, sementara pagi hingga sore tidak diperbolehkan parkir kendaraan di kawasan tersebut,” ujar Dirman sapaan akran Sudirman Djayaleksana kepada Balikpapan Pos, Senin (13/1).

Dirman menuturkan, dirinya tidak memungkiri di kawasan tersebut sudah terpasang rambu larangan parkir, tapi masih dilanggar oleh warga. Hal ini kembali kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap rambu-rambu yang sudah dipasang.

“Untuk penindakan atau penertiban bukan diranahnya Dishub, tapi tetap akan dikoordinasikan dengan Satlantas Polresta Balikpapan,” akunya.

Saat ini pemerintah kota tengah menyiapkan lokasi untuk kendaraan tersebut untuk parkir, salah satunya di lapangan kuliner RSS Damai III, nantinya lokasi tersebut akan dikembalikan fungsinya menjadi lahan parkir kendaraan.

“Sementara PKL yang sebelumnya ada di lapangan kuliner, secara bertahap akan dipindahkan ke samping hutan kota yang tak jauh dari lokasi lapangan kuliner,” jelasnya.

Dimana saat ini kawasan Ruhui Rahayu secara perlahan akan dilakukan penataan oleh tiga OPD, khusus untuk taman-tamannya ranah Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim), untuk trotoar Dinas Pekerjaan Umum (DPU), PKL Dinas Perdagangan (Disdag), sedangkan lahan parkir ranahnya Dishub.

“Kalau semua sudah lengkap dan disiapkan lokasinya, maka tidak ada alasan bagi yang parkir di bahu jalan apabila ditertibkan,” tuturnya.

Apalagi saat ini Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Transportasi masih dibahas di dewan, jika perda ini sudah disahkan, maka Dishub sudah bisa bertindak karena ada payung hukumnya. Saat ini, bagi yang melanggar masih sebatas teguran dan imbauan, sambil menunggu Perda ini disahkan.

“Bagi yang melanggar Dishub bisa menderek kendaraan yang melanggar rambu,” tutupnya. (dan/vie)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Kurs Valuta

UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40