Kaltim Tuan Rumah Pra Kongres Bubuhan Banjar Sedunia

Digelar 29 Oktober di Balikpapan, Perkuat Eksistensi Budaya dan Kerukunan


29 Sep 2022, 09:41:57 WIB

Kaltim Tuan Rumah Pra Kongres Bubuhan Banjar Sedunia

SIAP SUKSESKAN : Panpel Pra Kongres Bubuhan Banjar Sedunia ke V melaksanakan audiensi ke Pemkot Balikpapan membahas rencana kegiatan yang bakal dihadiri perwakilan pengurus kerukunan bubuhan banjar provinsi se-Indonesia dan sejumlah negara lainnya, beberapa waktu lalu.


BALIKPAPAN- Pengurus Besar (PB) Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) akan menggelar Pra Kongres Kerukunan Bubuhan Banjar Sedunia yang ke-V Tahun 2022. Tuan rumahnya adalah Pengurus Wilayah (PW) KBB Provinsi Kalimantan Timur. Sementara pelaksanaannya bakal digelar di Kota Balikpapan.

Ketua Panitia Pelaksana Pra Kongres Kerukunan Bubuhan Banjar Sedunia V, Drs H Achmad Jubaidi mengatakan bahwa secara administrasi pelaksanaan sedang berjalan. Kepanitiaan juga sudah dibentuk melalui Surat Keputusan (SK) Presiden KBB, H Rudy Arifin yang juga mantan Gubernur Kalimantan Selatan. Jika tidak ada aral melintang, Pra Kongres akan dilaksanakan sehari penuh pada Sabtu, tanggal 29 Oktober 2022 mendatang.

"InsyaAllah tanggal 28 Oktober peserta berdatangan, kemudian tanggal 29 acara inti pra kongres. Besoknya InsyaAllah para peserta akan kita ajak ke pusat oleh-oleh Pasar Inpres yang khas dengan banjarnya, mengunjungi rumah cagar budaya Dahor Heritage berisi sejarak Kota Balikpapan dan lanjut melihat Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) yang jadi daya tarik tersendiri," ujar Jubaidi yang juga Wakil Ketua Pengurus Wilayah (PW) KBB Kalimantan Timur ini.

Jubaidi bersama Ketua Pengurus Daerah (PD) KBB Kota Balikpapan, H Redy Asmara dan sejumlah pengurus lainnya juga sempat bersilaturahim ke Pemkot Balikpapan menginformasikan terkait pelaksanaan pra kongres di Balikpapan pada Senin (26/9). Hadir menemui mewakili Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud adalah Asisten II Setdakot Balikpapan, Agus Budi Prasetyo dan Kabag Ekonomi Budi Mulyatno.

"Terkait Pra Kongres, Balikpapan ditunjuk sebagai lokasi pelaksanaan. Untuk kepanitiaan adalah kolaborasi PW Kaltim pimpinan Pak Irianto Lambrie dan PD Balikpapan, karena ini digelar di Balikpapan maka kami sangat mengharapkan dukungan Pemerintah Kota Balikpapan untuk turut menyukseskan," terang Redy Asmara membuka pembicaraan yang selanjutnya dijelaskan secara rinci oleh Jubaidi dan panitia lainnya.

 

Sementara itu, Agus Budi Prasetyo menyebut bahwa pada prinsipnya Pemkot Balikpapan sangat mendukung kegiatan Pra Kongres Bubuhan Banjar Sedunia ini di Balikpapan, karena banyak multiplier effect yang didapat Balikpapan sebagai kota destinasi meeting, incentives, conference, and exhibitions (MICE).

"Ini akan kita sampaikan kepada Bapak Wali Kota terlebih dahulu terkait apa saja yang kira-kira bisa kita support sesuai dengan kapasitas kota, yang jelas Balikpapan sangat mendukung suksesnya acara ini," terang Agus Budi.

Harapannya, pada tanggal 28 Oktober malam, Pemkot Balikpapan bersedia menyiapkan welcome party di Rumah Jabatan Wali Kota sekaligus menyapa para perwakilan peserta yang berasal dari seluruh provinsi se-Indonesia dan sejumlah negara lainnya seperti Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia dan lainnya. "Untuk acaranya sendiri kemungkinan di Hotel Grand Tjokro," beber Jubaidi.

Pra kongres ini sendiri merupakan upaya untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang mulai luntur karena pengaruh globalisasi sekaligus menguatkan kurunan bubuhan banjar. Nantinya di dalam pra kongres akan digelar semacam seminar, rapat besar dan diskusi yang menjadi salah satu materi utama untuk dibawa ke dalam kongres yang belum diputuskan kapan dan di mana pelaksanaannya.

"Pra kongres ini bisa menjadi ajang tukar pendapat dan mencari gagasan untuk langkah ke depan terutama dalam kongres selanjutnya. Penguatan budaya dan kerukunan banjar harus mengimbangi derasnya pengaruh teknologi informasi saat ini serta isu-isu aktual lainnya. Tentu dengan mempertahankan motto banjar rakat, banjar kuat, banjar bermartabat," pungkas Jubaidi. (***/die/han)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di