Kecamatan Loa Janan Belajar Pengelolaan Sampah di BSKH Sepinggan




04 Okt 2022, 07:56:36 WIB

Kecamatan Loa Janan Belajar Pengelolaan Sampah di BSKH Sepinggan

STUDI: Tim Kecamatan Loa Janan Kukar saat berkunjung ke Kecamatan Balikpapan Selatan dan BSKH Sepinggan belajar pengelolaan sampah. (IST)


BALIKPAPAN--Kecamatan Balikpapan Selatan (Balsel) patut berbangga, karena keberadaan Bank Sampah Kota Hijau (BSKH) Sepinggan menjadi tujuan Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara bersama TP PKK Kecamatan dan Desa pada Sabtu (1/10) lalu.

Turut hadir menyambut rombongan Camat Loa Janan Muhaji oleh  Sekretaris Camat Balsel Netty Musriani, bersama Lurah Sepinggan Bambang Subagja dan Lurah Damai Bapak Hendra Wardana dan Ketua BSKH Sepinggan Abdul Rahman.

Dikatakan Netty, rombongan terdiri dari Kepala Desa, Pengurus PKK Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Loa Janan serta perwakilan dari perusahaan pelaksana program CSR di Kecamatan Loa Janan.

"Tujuan kunjungan kerja adalah pembelajaran dan pelatihan pengelolaan dan pengolahan sampah organik dan anorganik dengan narasumber Abdul Rahman dari Bank Sampah Kota Hijau," ujar Netty.

Dalam paparannya Abdul Rahman menyampaikan bahwa BSKH Sepinggan telah melakukan pemilahan sampah dari sumber sesuai jenis sampah yang dihasilkan.

"Untuk sampah organik, terutama sisa kulit buah-buahan, dan sayuran dijadikan  eco enzyme yaitu cairan serbaguna baik untuk pupuk cair, campuran pembersih lantai hingga berbagai kegunaan lainnya," jelas Rahman akrab disapa.

Selain itu sampah organik bisa menjadi pakan magot, diolah menjadi kompos, dan kegunaan lainnya.

"Untuk sampah anorganik kelola di bank sampah, dipilah sesuai jenisnya, dan tentunya melalui pemilah ini dapat mengurangi sampah yang dikirim ke TPA," ujar Rahman kembali

Apalagi jika sampah dibuang begitu saja tanpa diolah, akan berakibat pada meningkatnya  suhu bumi yang diakibatkan gas methan yang dihasilkan dari sampah yang  tidak dikelola, hal ini juga mengakibatkan tidak seimbangnya kadar Co2 diatmosfer sehingga terjadi perubahan iklim.

"Apalagi kota Balikpapan sebagai kota penyangga IKN, tentunya harus dari sekarang kita benahi masalah tata kelola sampah dari sumber sehingga bisa memberikan nilai ekonomi, dan ekonomi sirkular," papar Rahman.

Sementara itu Camat Loa Janan juga berkomitmen setelah kegiatan kunjungan, akan belajar agar bisa membentuk bank sampah di setiap desa.

"Karena yang hadir 8 kepala desa dan tim PKK kec.dan desa se Kecamatan Loa Janan, semoga dapat diwujudkan," pungkas Muhaji. (*/han)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di