Kideco Borong 19 Penghargaan Sekaligus

Dalam Ajang ISDA 2021 Garapan CFCD dan Kementerian PPN/Bapennas


21 Sep 2021, 09:22:51 WIB

Kideco Borong 19 Penghargaan Sekaligus

JAKARTA– Prestasi kembali diukir PT Kideco Jaya Agung (Kideco). Salah satu anak perusahaan dari PT Indika Energy Tbkyang bergerak dalam penambangan batu bara di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur ini sukses meraih yang terbaik di ajang Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2021. Kideco berhasil menyabet The Top Leadership for SDGs, The Most Committed Corporate for SDGs on Social Pillar, The Most Committed Corporate for SDGs on Economy Pillar, dan The Most Committed Corporate for SDGs on Environment Pillar.

Selain itu Kideco juga meraih 12 penghargaan platinum dan 1 gold untuk kategori bidang program, sedangkan untuk kategori bidang perorangan Kideco meraih terbaik 1 tingkat CEO atas nama Leonardus Herwindo dan apresiasi bagi CDO tingkat lapangan atas nama Sigit Herdhiyanto. ISDA 2021 ini sendiri merupakan garapan Corporate Forum for Community Development (CFCD) bekerjasama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapennas).

Tahun ini adalah pelaksanaan tahun ke 4 sejak diluncurkan pada tahun 2016. Mengusung tema "Peran  serta Korporasi dan Stakeholders dalam Pembangunan Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Bangsa". ISDA merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi yang diselenggarakan oleh CFCD bersama dengan Bappenas dan Kementerian/Lembaga lainnya. Penghargaan ini diberikan   kepeda   Perusahaan atas kontribusinya terhadap pencapaian SDG's. Adapun program-program yang diikutsertakan adalah inisiatif yang telah terbukti memberikan dampak dalam kontribusi perusahaan terhadap pencapaian SDGs.

Penyelenggaraan ISDA 2021 ini sedikit berbeda dari sebelumnya, terdapat tiga keunikan ISDA 2021 ini, yang pertama bahwa ada penambahan satu kategori selain kategori program CSR/CID dan kategori perorangan yaitu kategori korporasi. Ini diyakini karena keberlanjutan suatu koperasi ditentukan oleh kinerja internal perusahaan. Kedua, keunikan ISDA 2021 ini adalah penyederhanaan dan Instrumen penilaian, di masa pandemi penilaian dilakukan secara online. Kemudian yang ketiga dari tim penilai yang sekarang mencakup 33 senior, pakar, dan praktisi terkait dengan bidang-bidang yang ada di SDGs.

Dalam ajang penganugerahan ISDA 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 17 September 2021 yang lalu di Hotel JS Luwansa Jakarta, diikuti oleh 78 perusahan dari lintas sektoral,  dengan jumlah total 220 program yang dilombakan. Ketua umum CFCD, Thendri Supriatno mengatakan, dengan kembali digelarnya ISDA merupakan bagian kecil dalam upaya mengedukasi korporasi yang memiliki sumber daya begitu besar. Menurut dia, agar ada keseimbangan dalam pembangunan ekonomi, sosial serta kesadaran akan lingkungan atau yang dikenal dengan istilah pembangunan berkelanjutan (SDG's).

"Penilaian dan pemberian award itu penting diberikan bagi korporasi yang melakukan penghematan energi, melakukan konservasi lingkungan, melakukan kegiatan sosial di masyarakat serta berbagai hal positif lainnya. Dengan digelarnya ISDA tentunya korporasi akan berlomba-lomba dalam memberikan hal terbaik kepada masyarakat sekitar," ujarnya.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya secara virtual menyatakan pemerintah mengapresiasi pembangunan berkelanjutan yang dilakukan perusahaan-perusahaan Indonesia. “Pemerintah sadar tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkan SDGs. Perlu upaya kolektif dari pemerintah, perusahaan, media dan lembaga pendidikan. Untuk sektor korporasi, praktek lingkungan, sosial dan tata kelola, perlu diterapkan di berbagai proses bisnis, karena terbukti berdampak positif bagi perusahaan," ujar Airlangga.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendy juga menyampaikan hal yang sama. “Pemerintah sangat menghargai upaya perusahaan dalam membantu pemerintah untuk mewujudkan tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan. Selamat kepada para penerima ISDA, semoga semakin semangat dalam mendukung Indonesia mencapai target pembangunan berkelanjutan menuju Indonesia maju," ucap Muhajir.

Chief Corporate Services Officer Kideco, Leonardus Herwindo menyampaikan bahwa Kideco sebagai perusahaan nasional selalu berkomitmen terhadap upaya pencapaian SDGs. “Karena ini sejalan dengan program tanggung jawab sosial yang sudah kami laksanakan,” jelas Leo-akrabnya disapa.

Berbagai kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bagi masyarakat lingkar tambang telah Kideco laksanaka. Seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, keagamaan, lingkungan, kepemudaan hingga sosial budaya. “Selain itu di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, kami juga aktif dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Paser khususnya dan Kalimantan Timur pada umumnya,” tutup Leo.

Akhirnya implementasi atas komitmen realisasi program-program yang saling terintegrasi dengan tujuan SDGs, akan mempercepat tercapainya tujuan pembangunan nasional demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di masa datang. (***/die)




Moderated by Admin Sosmed BalPos 2


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di