Kinerja Pimpinan OPD Harus Seirama dengan Wali Kota dan Anggota Dewan




21 Sep 2021, 09:34:45 WIB

Kinerja Pimpinan OPD Harus Seirama dengan Wali Kota dan Anggota Dewan

Johny Ng


BALIKPAPAN-Belakangan ini Wali Kota Rahmad Mas’ud telah melakukan mutasi jabatan ASN  di lingkungan Pemkot Balikpapan. Bahkan, rencananya pada akhir November atau awal Desember 2021 akan dilakukan mutasi besar-besaran terhadap pejabat eselon I dan II sebab banyak yang pensiun.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi I DPRD  Balikpapan Johny Ng mengatakan, pemilihan pejabat definitif hendaknya punya kualifikasi karakter, kompetensi, dan harus seirama dengan Wali Kota dan DPRD Kota Balikpapan selaku mitra kerja.

"Dibutuhkan pejabat yang solutif dan siap bekerja dengan hati serta dekat dengan masyarakat. Hal itu juga yang selama ini digaungkan oleh Wali Kota Balikpapan," kata Johny Ng kepada Balikpapan Pos, di gedung parlemen Balikpapan, Senin (20/9).

Menurutnya baik atau tidaknya pejabat yang dipilih, kuncinya di wali kota sebab pejabat yang dipilih akan memperbaiki pelayanan publik. Mengingat masyarakat Balikpapan saat ini semakin cerdas serta partisipasinya cukup tinggi dalam menilai kinerja pemerintah dan anggota DPRD.

“Kalu sudah dilantik dan  menjabat kepala OPD saat ditelepon oleh anggota DPRD, jangan sampai tidak diangkat. Karena DPRD merupakan mitra kerja dari OPD,” kata Johny.

Ia menjelaskan, terkadang juga ada yang sudah menjabat kepala OPD, tapi kalau ditelpon tidak mau diangkat. Sehingga kelihatan sombong. Siapapun yang dilantik menjadi kepala OPD, semoga nantinya bisa berkolaborasi dengan masyarakat dan juga jika ada keluhan dari masyarakat agar bisa ditampung. Hal itu untuk kebaikan kota Balikpapan.

"Mudah-mudahan yang terpilih nanti bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Jangan cuma duduk aja di belakang meja. Kalau ditelepon sama masyarakat jangan tidak diangkat sebab pejabat harus bisa berkoordinasi dengan anggota dewan selaku mitra kerja maupun dengan masyarakat,”  pinta Johny. (djo/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di