Lapak Penampungan Pasar Penyembolum Senaken Mulai Dibangun

Targetkan 300 Lapak Baru Tampung Pedagang


16 Agu 2022, 08:48:54 WIB

Lapak Penampungan Pasar Penyembolum Senaken Mulai Dibangun

SIAP DIBANGUN: Bekas puing lapak penampungan pasar Penyembolum Senaken usai diratakan oleh pihak pekerja.


TANAH PASER- Adanya keinginan Pemkab Paser untuk membangun 300 lapak baru di Pasar Induk Penyembolum Senaken Kecamatan Tanah Grogot khirnya mulai berjalan.

Hal ini terlihat dari rampungnya pembongkaran lapak sementara yang ada di wilayah pasar oleh para pekerja di lokasi.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Paser Asnawi mengatakan, pengerjaan bangunan lapak baru dimulai sejak 2 Agustus 2022 lalu.

"Saat ini sedang berjalan pemagaran lokasi dan pembersihan serta dilanjutkan pemasangan boplang. Rencananya pada awal pembangunan ini, sebanyak 96 lapak pasar kering dan 8 lapak kuliner yang dibangun menggunakan APBD Paser yang nilai mencapai Rp 8,3 miliar lebih," ujar Asnawi.

"Jadi pembangunan awal sebanyak 104 lapak yang akan dibangun," kata Asnawi, Senin (14/8).

Asnawi mengakui, pada langkah awal proses pembangunan pasar tersebut, cukup memakan waktu lama, pasalnya saat memberi imbauan kepada pedagang, cukup menyita waktu yang cukup panjang dan banyak musyawarah dan pendekatan kepada pedagang untuk memindahkan lapaknya ke lapak sementara yang sudah disediakan.

"Waktu awal memang cukup panjang prosesnya namun saat ini pembangunan sudah mulai berjalan perlahan," ujarnya

Sementara itu Kepala UPTD Pasar Penyembolum Senaken Norman menambahkan, semua lapak pedagang yang ada di blok penampungan itu saat ini sudah dihancurkan.

Di lain sisi banyak pedagang yang terdampak dan mengeluh lapaknya harus dipindah ke lapak sementara, agar proses pembangunan bisa dilaksanakan.

"Kurang lebih sebanyak 170 pedagang yang harus pindah menempati lapak yang telah disediakan, karena adanya pembangunan tersebut," ujarnya

Ia mengakui sempat kewalahan dalam proses memindahkan pedagang ke lapak sementara, pasalnya ada beberapa pedangan yang menolak untuk di pindahkan ke lapak sementara yang sudah ditentukan dengan alasan tidak ada akses keluar masuk pengunjung.

"Kami bersyukur saat ini sudah bisa kami atasi dengan pendekatan persuasif kepada para pedagang, dan telah membuatkan jalan akses keluar masuk bagi para pembeli yang datang di lapak sementara tersebut," ucapnya.

Sementara itu dikesempatan yang berbeda, Wakil Ketua Komisi III DPRD Paser Basri Mansyur mengatakan, pembangunan tersebut bertujuan agar Pasar Penyembolum Senaken tertata rapi dan bersih. Dengan adanya pembangunan lapak baru ini, diharapkan kedepannya UPTD Pasar Penyembolum Senaken lebih tegas lagi dalam menertibkan pedagang atau oknum yang nakal dalam penggunaan lapak.

"Semoga UPTD Pasar kedepannya lebih tegas lagi terhadap pedagang. Kami juga berharap kepada semua pihak terkait dan masyarakat untuk mengawasi pekerjaan itu," harapnya.(tom/han)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di