Lebih Sehat Mana, Mandi dengan Air Dingin atau Hangat?




11 Agu 2022, 09:54:31 WIB

Lebih Sehat Mana, Mandi dengan Air Dingin atau Hangat?

ILUSTRASI/JAWAPOS.COM


IDEALNYA seseorang mandi 2 kali sehari agar tubuh lebih segar dan kulit tetap sehat serta bersih. Setiap orang juga memiliki pilihan saat mandi, mau pakai air dingin atau air hangat. Sebetulnya lebih sehat mana?

Ternyata dari sisi kesehatan, mandi air hangat dapat menurunkan tingkat stres. Di era pandemi saat ini, stres tak bisa dihindari. Saat kembali ke kantor atau sekolah membuat seseorang mudah lelah. Mandi air hangat bisa menjadi solusi relaksasi.

“Kami memahami pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah pandemi, mandi air hangat diyakini menjadi salah satu solusi untuk menanggulangi stres, kepenatan setelah sibuk dengan aktivitas seharian,” kata Devid Suryawan dari PT Dewata Vulcanindo Suryajaya dalam diskusi bersama pemanas air Rheem XWell Series, Senin (8/8).

Manfaat Mandi dan Berendam Air Hangat

Praktisi kesehatan, dr. M Berian Rachmanadi, mengatakan mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat. Salah satunya bahwa dengan mandi air hangat mampu melancarkan peredaran darah.

“Saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia. Inilah mengapa Anda akan merasa lebih rileks setelah mandi air hangat, sehingga mandi air hangat merupakan salah satu solusi dalam mengurangi stres,” papar dr. Berian.

Selebriti Agatha Suci ternyata gemar berendam. Sebagai seorang ibu dan banyak kegiatan meski di tengah masa pandemi seperti ini, stres adalah sesuatu yang tak bisa saya hindari. Dengan berendam, ia bisa melakukan Me Time yang mudah.

“Stres bisa saya kelola dan siasati dengan rutin mandi dengan air hangat, mandi air hangat tak hanya membuat saya merasa lebih rileks, rutin mandi air hangat sebelum tidur juga mampu membuat kualitas tidur saya jadi lebih baik,” kata Agatha Suci.

Suhu yang Dianjurkan

Menurut dr. Berian, suhu mandi air hangat yang dianjurkan adalah antara 37-38,3 derajat Celcius atau setidaknya di bawah 40 derajat Celcius. Suhu itulah yang dapat memberi manfaat kesehatan.

“Jika mandi terlalu panas atau terlalu sering bisa merusak kulit. Kita punya kelenjar minyak, fungsinya sebagai pelembab alami. Maka suhu yang dianjurkan di bawah 40 derajat Celcius,” katanya.

Lebih Sehat Air Hangat Atau Air Dingin?

Menurut dr. Berian, mandi air hangat boleh dilakukan dari mulai usia bayi, anak, dewasa, hingga lansia. Namun untuk lansia, ternyata lebih disarankan mandi pakai air hangat.

“Sebab saat air hangat kena pembuluh darah membuat aliran pembuluh darah lebih lancar. Kalau lansia mandi pakai air dingin, pembuluh darahnya mengempis. Maka disarankan pakai air hangat.

Menurut dr. Berian, mandi air hangat ternyata memberikan lebih banyak manfaatnya bagi kesehatan ketimbang pakai air yang tak hangat. Manfaat di pagi hari, mandi air hangat membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

“Kita jadu lebih siap menghadapi hari yang bakal lebih melelahkan. Apalagi pagi-pagi biasanya dingin banget ya, membuat orang menjadi alergi atau bersin-bersin. Nah mandi air hangat akan membuka jalan napas meredakan batuk pilek dan alergi,” ungkapnya.

Manfaat mandi air hangat saat malam hari, kata dia, memberi efek relaksasi setelah seharian capek bekerja. Ketika kita mandi air hangat saat malam hari sebelum tidur, akan meredakan ketegangan otot.

“Sehingga membuat kita jadi lebih mudah tidur, lebih nyaman dan terhindar dari insomnia. Mandi air hangat juga dapat membuka pori-pori serta membersihkan minyak di tubuh, sehingga terasa lebih bersih setelah mandi air hangat,” jelasnya. (jpg/cal)

 




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di