Manggar Bakal Punya Kampung Gas Metana

LPM Menunggu Kepastian CSR, Tahap Awal di Dua RT Dekat TPA


22 Okt 2019, 13:36:30 WIB

Manggar Bakal Punya Kampung Gas Metana

INOVASI: Warga dua RT sekitar TPA Manggar kedepan bakal dikenalkan dengan Kampung Gas Metana.


balikpapanPos-online.co.id- Inovasi pemanfaatan gas metana di Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Manggar, Balikpapan Timur, bukan hanya dimanfaatkan oleh pekerja areal TPA saja, tetapi bakal dimanfaatkan di lingkungan RT sekitar. Seperti RT 36 dan RT 61 Kelurahan Manggar. Dimana bakal memasang gas metana di lingkungan. Dengan bakal dipasangnya di permukiman penduduk diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Namun untuk dapat terwujud dan dikenal dengan lebih populer nantinya, yakni Kampung Gas Metana. Sejatinya langkah tersebut mendapatkan dukungan dari LPM Manggar. Mengingat pada dasarnya bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat sekitar dan membantu perekonomian. Dikarenakan besar kemungkinan terdapat tempat sauna yang dapat dimanfaatkan masyarakat luas.

Pelaksanaan pemasangan jaringan gas secara menyeluruh di dua lingkungan RT tersebut belum diketahui kapan mulai direalisasikan. Mengingat suport dari LPM Manggar melalui Corporate Social Responsibility (CSR) hingga kini belum ada titik terang.

“Kami sudah mengajukan pada salah satu perusahaan melalui CSR. Jadi saat ini masih menunggu jawaban,” kata Ketua LPM Manggar, Gasali, saat diwawancarai Balikpapan Pos, Senin (21/10) siang.

Lanjut dia, inovasi yang dilakukan oleh ketua RT dari dua RT tersebut, semoga dapat berjalan sesuai rencana dan harapan yang diimpikan di awal ide cemerlang itu. Karena terjadi peningkatan dan pemberdayaan SDM masyarakat sekitar.

“Karena di sana ada upaya peningkatan SDM dari segi perekonomian. Mudahan dalam waktu dekat ini ada jawaban dari CSR yang telah kami ajukan,” sambung dia.

Secara terpisah, Ketua RT 61 Suyono mengakui pihaknya sangat mengharapkan CSR yang diajukan oleh LPM Manggar mendapatkan jawaban secepat mungkin dan sesuai harapan. Untuk di awal dia mengatakan, akan dimanfaatkan sebanyak 50 KK lebih dulu dari masing-masing kedua RT itu.

“Saya juga sudah ketemu LPM dan membicarakan pemanfaatan gas metana di lingkungan warga. Karena bisa jadi menciptakan lahan usaha baru, karena rencananya sih ada sauna dan dikomersilkan. Alhamdulillah mendapatkan dukungan. Mudahan secepatnya ada hasil sesuai yang kami harapkan,” tutup Suyono. (wal/cal)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di