Memahami Pengelolaan Media Sosial bagi Instansi Pemerintahan

Kerjasama DKUMKMP Balikpapan dan Balikpapan Pos


01 Des 2021, 09:05:58 WIB

Memahami Pengelolaan Media Sosial bagi Instansi Pemerintahan

BERBAGI ILMU : DKUMKMP Balikpapan bekerjasama dengan Balikpapan Pos menggelar bimbingan teknis terkait pengelolaan media sosial di lingkungan instansi pemerintahan


BALIKPAPAN--Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan menggelar bimbingan teknis mengenai pengelolaan media sosial bagi instansi pemerintahan pada Selasa (30/11). Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor DKUMKMP Balikpapan ini diikuti oleh para tenaga bantu (naban) yang ada di lingkungan DKUMKMP Balikpapan.

Adam Afrixal Sinuraya selaku tim pengelola media sosial DKUMKMP Balikpapan mengungkapkan, dengan adanya pelatihan ini  dapat memberikan pengetahuan kepada para naban dalam mengisi media sosial DKUMKP Balikpapan.

"Dengan pelatihan ini bisa mengetahui bagaimana cara penyajian teks foto dan penulisan rilis yang akan dipublikasikan di website ataupun media sosial DKUMKMP," terang Adam di sela pelatihan, kemarin.

Ke depannya, Adam berharap timnya dapat lebih memberikan informasi yang lebih menarik kepada seluruh masyarakat Balikpapan terkait dengan kegiatan-kegiatan maupun program-program yang ada di lingkungan DKUMKMP Balikpapan.

Dalam kesempatan ini, Nicha Ratnasari selaku jurnalis Balikpapan Pos yang juga sebagai pemateri menyampaikan bahwa karakteristik jurnalisme di media online agak sedikit berbeda dengan media massa ataupun elektronik.  "Jurnalisme online ini bukan hanya proses publikasi berita melalui media online saja, tetapi juga proses peliputan juga dapat dilakukan secara online. Misalnya, observasi status update media sosial, trending topic, apa yang viral, itu semua bisa menjadi sebuah berita. Ini memang merupakan hal baru di dunia jurnalistik," terang Nicha.

Namun terkait dengan pengelolaan media sosial, lanjut Nicha, yang lebih ditekankan adalah mengenai penulisan berita. Utamanya, penulisan berita ataupun informasi di dalam media sosial itu mengedepankan keringkasan.

"Tulisan yang dibuat harus dibuat seringkas mungkin, tidak bertele-tele. Namun, informasi yang dituangkan tetap harus lengkap dan memenuhi unsur pokok berita 5W + 1H," jelas Nicha.

Lebih jauh Nicha menambahkan, di media online juga memberikan ruang bagi pembaca untuk dapat memberikan tanggapan atau komentar sehingga bisa berkomunikasi dengan sesama pembaca atau bahkan dengan perwakilan tim redaksi. "Dalam hal ini pembaca tentunya lebih interaktif, dan merasa dihargai. Tidak menutup kemungkinan mereka juga dapat semakin senang membaca berita di media online yang kita miliki," pungkasnya. (cha/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di