Mengendalikan Resiko Penderita Diabetes di Masa Pandemi




15 Jul 2021, 08:55:37 WIB

Mengendalikan Resiko Penderita Diabetes di Masa Pandemi

TIP SEHAT: Penderita diabet harus berusaha mengendalikan glikemik atau gula darah atau glikemik dengan baik. Gula darah yang terkendali dapat mencegah timbulnya komplikasi dan kerusakan organ.


PENDERITA diabetes sangat rentan terinveksi virus corona, hal ini karena penderita Covid-19 yang memiliki penyakit penyerta diabetes berisiko mengalami gejala yang berat dan kritis. Oleh karena itu, penting untuk mengelola dan mencegah Covid-19 pada orang dengan diabetes.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Devisi Endokrin Metabolik, RSUP sanglah, Dr. dr I Made Pande Dwipayana, SpPD,K-EMD, FINASIM menyebutkan data Riskesdas 2018, prevalensi diabetes melitus berdasarkan pemeriksaan darah mencapai 8,5 persen. "Diabetes salah satu komorbid pada Covid-19, di mana diabetes selalu jadi tiga besar dalam penyakit yang menyertai Covid,-19. Risiko kematian juga lebih besar," jelasnya.

Selain lebih berisiko, pasien Covid-19 dengan diabetes cenderung mengalami gejala atau penyakit yang lebih berat dan risiko kematian yang lebih tinggi. Untuk itu diperlukan edukasi bagi penderita diabetes dan keluarganya terkait pengelolaan dan pencegahan Covid-19 pada orang dengan diabetes penting dilakukan untuk mengurangi risiko kesakitan dan kematian. Ada beberapa prosedur yang harus diikuti antara lain. Selalu mengenakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak Pasien diabetes mesti mengikuti anjuran pencegahan Covid-19 yang umum seperti selalu mengenakan masker, rutin mencuci tangan, dan menjaga jarak. Pasien diabetes juga diimbau untuk menghindari kerumunan dan tetap berada di rumah.

Selanjutnya adalah berusaha untuk mengendalikan glikemik atau gula darah atau glikemik dengan baik. Gula darah yang terkendali dapat mencegah timbulnya komplikasi dan kerusakan organ. "Mengendalikan gula darah dapat dilakukan dengan pola makan yang tepat, memilih makanan dengan indeks glikemik rendah, dan menjaga berat badan seimbang," lanjutnya.

Upaya lainnya adalah menstabilkan keadaan jantung dan ginjal Diabetes berhubungan erat dengan kondisi jantung dan ginjal untuk mencegah komplikasi, sakit yang parah, dan kerusakan organ.

Dan yang terakhir adalah mengendalikan stres Di tengah pandemi Covid-19, pasien diabetes harus selalu mengendalikan stres. "Stres juga dapat memperburuk diabetes, sehingga pasien diahrapkan melakukan kegiatan yang menyenangkan sehingga stress bisa dikendalikan," tambahnya. (bx/gek/man/jpg)

 




Moderated by Admin Sosmed BalPos 2


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di