Meriah! Acara Grebek Suro di Balikpapan

Ada Hiburan Kuda Lumping dan Reog Ponorogo


16 Agu 2022, 09:14:43 WIB

Meriah! Acara Grebek Suro di Balikpapan

HIBURAN RAKYAT:Penampilan kuda lumping memeriahkan Grebeg Suro yang berlangsung di Halaman Parkir Mall Balikpapan Baru, pada Minggu (14/8).


BALIKAPAPAN-Sebanyak enam paguyuban di Balikpapan menggelar Grebeg Suro memperingati Tahun Baru Jawa 1 Suro 1956 EHE, di Halaman Parkir Mall Balikpapan Baru, pada Minggu (14/8).

Paguyuban yang mengikuti acara ini meliputi Paguyuban Rantau Grobogan, Paguyuban Gunung Kendeng, Paguyuban Ronggo Lawe Tuban, Paguyuban Warga asal Blora (PWAB), Paguyuban Rembang Balikpapan (PRB) serta Paguyuban Bojonegoro.

Menurut sekretaris panitia acara Grebeg Suro, Pandu Nusantara, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat adat budaya Jawa di Kaltim dan Balikpapan khususnya agar tidak lupa melestarikan budaya leluhur khususnya budaya Jawa.

“Ini perdana kami tampil, sudah lama tidak melihatkan ke masyarakat adat Jawa. Apalagi hampir 3 tahun sudah pandemi covid melanda Kota Balikpapan. Semoga kelestarian adat Jawa tidak terlupakan di masyarakat Balikpapan dan menghibur warga sekitar," ujarnya.

Grebeg Suro kali ini dimeriahkan penampilan Kuda Lumping, Reog Ponorogo, Ontel Obama, Dolala Purworejo serta Gunung Ada Lima.

“Acara yang berlangsung mulai pukul 14.30 sampai pukul 18.00 Wita di Parkiran Mall Balikpapan Baru ini, kami rencanakan akan digelar setiap tahun untuk melestarikan adat budaya lokal sekaligus menghibur masyarakat Balikpapan,” kata Ketua Pelaksana Acara, Leo Sukoco.

Grebeg Suro adalah tradisi budaya tahunan masyarakat Ponorogo dalam wujud pesta rakyat. Seni dan tradisi yang ditampilkan meliputi Festival Nasional Reog Ponorogo, Pawai Lintas Sejarah dan Kirab Pusaka, dan Larungan Risalah Doa di Telaga Ngebel. Grebeg Suro merupakan acara tahunan yang dirayakan setiap tanggal 1 Muharram atau 1 Suro pada kalender Jawa.(oky/vie)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di