Obat Tradisional Covid-19, Khasiat Berdasar Penelitian




16 Jul 2021, 08:56:04 WIB

 

KEDUTAAN Besar Tiongkok untuk Indonesia secara terbuka mengungkapkan Pengobatan tradisional Tiongkok atau Chinese Traditional Medicine (TCM) yang digunakan untuk penyembuhan pasien Covid-19 sejak awal wabah muncul di Wuhan. Metode Barat dan TCM disinergikan untuk pengobatan pasien.

Science and Technology Counselor Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia Yi Fanping menjelaskan kombinasi metode pengobatan Barat dan pengobatan tradisional adalah ciri khas solusi Tiongkok. Obat dan metode pengobatan tradisional memainkan peran penting dalam penanganan Covid-19.

“Terhadap pasien gejala berat, diutamakan metode barat dan metode tradisional sebagai pendamping, lalu jumlah kasus meninggal menurun,” kata Yi dalam konferensi pers virtual, Selasa (9/2).

Setelah penelitian dan pemilihan dilakukan, ada beberapa obat TCM yang digunakan di Tiongkok untuk pengobatan pasien Covid-19 dikombinasikan dengan obat-obatan Barat.

1. Jinhua Qinggan Granul
Penyakit Covid-19 disebabkan oleh sindrom pernapasan akut parah (SARS)-COV2 dan merupakan penyebab penyakit yang berpotensi fatal. Butiran Jinhua Qinggan memiliki efek yang aman bagi pasien Covid-19. Meski, kemanjuran dan keamanannya belum dievaluasi secara sistematis.

Penggunaan obat ini berdasar database, termasuk China National Knowledge Infrastructure (CNKI), Chinese Biomedical literature Database (CBM), Chinese Scientific and Journal Database (VIP), database Wan Fang, PubMed, dan EMBASE. Studi dilakukan untuk melihat khasiat butiran Jinhua Qinggan untuk Covid-19. Kesimpulan dari penelitian masih dilakukan untuk memberikan bukti untuk menentukan apakah butiran Jinhua Qinggan merupakan pengobatan yang efektif untuk Covid-19.

2. Lianhua Qingwen Capsule
Selama beberapa bulan terakhir, TCM menunjukkan manfaat luar biasa terhadap Covid-19 di Tiongkok, dan yakin bahwa TCM mencapai keunggulan terapeutik yang memuaskan untuk pasien yang terinfeksi Covid-19. Ini sehubungan dengan pengobatan pencegahan penyakit.

Terapi komprehensif dan rehabilitasi dengan akumulasi pengalaman klinis dan bukti ilmiah. Salah satu studi yang memenuhi syarat dalam bahasa Inggris, yang berfokus pada aktivitas antivirus dan anti-inflamasi dari Lianhuaqingwen Capsule untuk mengobati Covid-19, yang diterbitkan oleh tim Akademisi terkemuka Nanshan Zhong.

3. Granule Xuebijing Injection

4. Lung Cleansing and Detoxifying Decoction
Lung Cleansing and Detoxifying Decoction (Qing Fei Pai Du Tang), telah menunjukkan efek terapeutik pada pasien Covid-19 ringan dan biasa. Polisakarida adalah bahan penting dalam ramuan ini. Ulasan ini merangkum aktivitas farmakologis potensial dari polisakarida yang diisolasi dengan ekstraksi air panas dari Lung Cleansing and Detoxifying Decoction, yang konsisten dengan metode produksinya, untuk memberikan dasar teoritis untuk penelitian berkelanjutan tentang aplikasinya.

Menurut data terbaru yang dikumpulkan oleh Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional Tiongkok, TCM bernama ‘Lung Cleansing and Detoxifying Decoction (Qing Fei Pai Du Tang)’, komponen utamanya adalah polimer karbohidrat, telah menunjukkan terapi yang terkenal efek pada Covid-19.

Secara khusus, 214 kasus yang dikonfirmasi di empat provinsi diberikan obat ini untuk tiga program pengobatan antara 27 Januari dan 5 Februari 2020, dengan lebih dari 60 persen pasien menunjukkan perbaikan gejala yang jelas dan manifestasi computed tomography (CT) dan sisanya 30 persen menjadi stabil.

Alhasil, ramuan pembersih dan detoksifikasi paru-paru dikerahkan di 4 rumah sakit di Wuhan, yang merupakan rumah sakit sementara untuk karantina kasus ringan. Ramuan ini menunjukkan khasiat yang memuaskan, dengan hampir semua pasien sembuh dari gejala demam, kelelahan dan batuk, menurut data yang dikumpulkan di 66 institusi medis yang ditunjuk di 10 provinsi.

4. Huashibaidu Formula
Di Tiongkok, kombinasi Formula Huashi Baidu (HBF) dan obat antivirus digunakan dalam pengobatan klinis pasien parah dengan pneumonia koroner baru, tetapi evaluasi medis berbasis bukti masih kurang. Penelitian disebutkan juga dalam PubMed / MEDLINE, China National Knowledge Infrastructure (CNKI), Wanfang Database, VIP Database, Cochrane Library, Embase, China Biomedical Database (CBM), dan Chinese Science Citation Database (CSCD), formula Huashi Baidu.

Tinjauan menunjukkan kemanjuran dan keamanan HBF yang dikombinasikan dengan obat antivirus dalam pengobatan Covid-19, dan memberikan rasionalitas aplikasi obat klinis. Temuan akan memberikan referensi untuk diagnosis klinis dan pengobatan Covid-19.

5. Xuanfeibaidu Formula
Di Tiongkok, formula Reduning injection (REDI) dan Xuanfeibaidu (XFF) banyak digunakan untuk mengobati Covid-19. Meski diyakini masyarakat bisa mengobati Covid-19, namun tidak ada evaluasi medis berbasis bukti yang menggabungkan XFF dengan REDI efektif untuk Covid-19.(jpg)

 




Moderated by Admin Sosmed BalPos 2


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di