Pembelajaran Bahasa Paser di SD Capai 70 Persen




16 Agu 2022, 08:55:25 WIB

Pembelajaran Bahasa Paser di SD Capai 70 Persen

Agus Wintoro


TANA PASER- Pembelajaran bahasa daerah Paser di sekolah yang berada di Kabupaten Paser telah masuk dalam pelajaran muatan lokal (Mulok). Namun belum sepenuhnya 100 persen, pasalnya dari 222 SD, baru 155 yang mengisi mata pelajaran bahasa ibu tersebut.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kabupaten Paser, Agus Wintoro saat ditemui diruangannya.

Menurutnya sudah 70 persen diimplementasikan di sekolah dalam mata pelajaran muatan lokal, meskipun belum 100 persen.

Agus melanjutkan, bahasa daerah ini, selain diperlukannya peraturan daerah yang mengatur,  juga perlu ada kurikulum khusus. Hal itu dipergunakan untuk dasar sekolah menetapkan sebagai salah satu pelajaran Mulok.

"Nantinya bakal menjadi payung hukum, sehingga ketetapan bahasa Paser nanti benar-benar diterapkan di sekolah," ujarnya

Menurutnya, bahasa daerah juga diperlukan beberapa langkah dari Disdikbud yakni mendata sekolah yang telah mengajarkan atau belum ada pelajaran bahasa Paser dalam Mulok, pasalnya Disdikbud Paser nanti akan membentuk tim penyusun kurikulum bahasa daerah.

"Itu untuk menetapkan bahasa Paser menjadi salah satu pelajaran dalam kurikulum muatan lokal, selain Pendidikan dan Lingkungan Hidup (PLH)," ujarnya.

Agus menambahkan, jika tidak diperkuat dengan peraturan daerah kurikulum khusus, penetapan bahasa Paser dalam mata pelajaran Mulok belum wajib. Jika nantinya setelah dilakukan penetapan dan terlebih ada aturan yang mengatur, diharapkan kedepan ini menjadi salah satu ketetapan yang mutlak, bahwa bahasa daerah menjadi bahasa yang wajib masuk dalam mata pelajaran.

"Jadi untuk sementara ini boleh dikatakan belum wajib, karena memang kita belum ada payung hukum serta belum ada ketetapan masalah kurikulumnya," tambahnya. (tom/han)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di