Pemkot Apresiasi Pihak Swasta Kelola Destinasi Wisata

Doortje : Siap Bantu Perbaiki Akses Jalan Masuk


20 Sep 2021, 09:23:06 WIB

Pemkot Apresiasi Pihak Swasta Kelola Destinasi Wisata

Doortje Marpaung


BALIKPAPAN-Pemerintah Kota Balikpapan akan memaksimalkan peran pihak ketiga atau swasta dalam mengelola destinasi wisata. Hal ini sebagai upaya meningkatkan penyerapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Balikpapan.

"Saya sangat mengapresiasi apabila ada pihak swasta menyediakan destinasi wisata. Karena keterbatasan objek wisata yang disediakan dari pihak government," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Doortje Marpaung, kepada awak media, baru-baru ini.

Menurutnya, ada beberapa destinasi wisata baru yang dikelola oleh swasta, yang saat ini berpotensi untuk dikembangkan diantaranya Bukit Kebo, Desa Bambu dan Tanjung Bayur.

Ia mengaku telah berkomunikasi dengan pihak pengelola, agar destinasi wisata yang dikelolanya dapat dikembangkan, diantaranya harus memenuhi standar sapta wisata. Sehingga tidak serta merta dilakukan penarikan tiket untuk biaya masuk.

“Kita menyampaikan kepada pihak wisata agar memenuhi standar Sapta yang diterapkan. Sehingga tidak langsung begitu saja menarik tiket, harus ada kenyamanan, bersih, aman dan terakhir itu sampai kepada kenangan, berupa souvenir dan sebagainya,” terangnya.

Dortje menyampaikan bahwa pemerintah kota memang tidak bisa langsung membantu dalam bentuk dana untuk pengembangan destinasi wisata yang dikelola oleh swasta. Hanya sebatas peningkatan fasilitas di sekitar destinasi seperti akses jalan agar masyarakat mudah untuk mengakses.

"Karena memang kita tidak mungkin menyediakan atau menarik retribusi kalau kita tidak menyediakan sarana dan prasarananya," ungkapnya.

Tentunya, pengembangan destinasi wisata yang dikelola oleh swasta ini juga akan memberikan multi efek terhadap pertumbuhan ekonomi kepada wilayah di sekitarnya.

"Jadi nanti ada multiplier efek di sekitarnya, seperti ada kafe dan lainnya," pungkasnya. (djo/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di