Pemkot Dorong UMKM Bersinergi dengan Supermarket Pasarkan Produk Lokal




19 Nov 2021, 09:46:02 WIB

Pemkot Dorong UMKM Bersinergi dengan Supermarket Pasarkan Produk Lokal

Adwar Skenda Putra


BALIKPAPAN-Mulai adanya kelonggaran, sejumlah tempat hiburan, kafe dan mal sudah mulai beroperasi. Hal ini menjadi angin segar bagi dunia usaha khususnya pegiat Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM di Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra yang akrab disapa Edo mengatakan, walaupun UMKM di kota Balikpapan banyak yang beraktifitas di rumah, tapi tidak menurunkan semangat para UMKM untuk berkreatifitas.

"Saat ini sudah banyak produk baru serta kreasi baru yang dikeluarkan sama teman-teman para UMKM. Jadi temen-temen  UMKM yang sudah baik produksinya sudah mulai bangkit sekarang," katanya kepada Balikpapan Pos, Kamis (18/11).

Ia menjelaskan, untuk memasarkan produk baru dari para UMKM melakukan kerjasama dengan koperasi Semayang dan Hypermart.

“Saya telah mengusulkan ke pemerintah kota untuk membuat Perwali tentang pemanfaatan dan memfasilitasi pemasaran produk lokal untuk UMKM,” katanya.

Dia menuturkan, jadi nanti itu, setiap supermarket, seperti Indomaret dan Alfamidi wajib melakukan kerjasama dan memasarkan produk lokal dari UMKM kota Balikpapan. “Nantinya para UMKM juga akan membayar ke supermarket tersebut sebanyak 2 atau 5 persen dari hasil penjualan produk para UMKM,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong para UMKM untuk memasarkan produknya lewat program teknologi digital. Jadi kita melatih para UMKM untuk memasarkan produknya lewat teknologi digital marketing. Selain kita BI juga ikut membantu.

"Apalagi saat ini PPKM sudah level 2. Jadi kita bisa melakukan pelatihan dan sosialisasi kepada para UMKM yang ada di Kota Balikpapan termasuk juga membuat pameran untuk para UMKM, agar bisa memasarkan produknya," pungkasnya. (djo/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di