Perbaikan Drainase di RT 28 Marga Sari Terus Dikebut




28 Okt 2019, 15:46:46 WIB

Perbaikan Drainase di RT 28 Marga Sari Terus Dikebut

HAMPIR RAMPUNG : Pengerjaan drainase di Kelurahan Marga Sari sudah capai 70 persen. Nantinya diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya banjir saat musim hujan tiba.


balikpapanPos-online.co.id- Perbaikan fasilitas umum (fasum) kembali dikerjakan pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan terus dikebut. Hal ini mengingat waktu yang sudah mendekati akhir tahun, sehingga semua pekerjaan yang dilakukan diharapkan selesai di akhir tahun 2019 sesuai target.

Salah satu pengerjaan yang saat ini sedang dikerjakan di Jalan Pandan Barat RT 28 Kelurahan Marga Sari, Balikpapan Barat (Balbar), terkait dengan pembangunan saluran drainase warga di sekitar pasar.

"Untuk pengerjaan ini hanya difokuskan untuk drainase, karena awalnya drainase ini memang sudah ada, akan tetapi saluran tersebut tidak terawat dan mengalami kerusakan hingga membuat saluran tersumbat, maka itu perlu adanya renovasi ulang," kata Lurah Marga Sari Ride.

Ride mengatakan, sebelumnya drainase tersebut memang tidak terawat, sehingga air selalu meluap saat hujan deras. Dan dengan adanya pembuatan drainase, kelurahan berharap kejadian saluran tersumbat tidak lagi terjadi di kawasan pasar tersebut. Mengingat kawasan tersebut merupakan salah satu lokasi yang cukup rendah, sehingga air mudah meluap ketika saluran tersumbat.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya perbaikan drainase ini, setidaknya usulan warga yang masuk melalui kelurahan bisa terealisasi juga, walaupun harus menunggu proses yang cukup lama," ucap Ride.

Lanjutnya, bukan hanya sekadar melakukan perbaikan, hal tersebut juga untuk mencegah terjadinya banjir dengan adanya pengerjaan fisik drainase. Tetapi pengerjaan tersebut sangat membantu warga sekitar, dan warga pun berharap pengerjaan tersebut bisa selesai tepat waktu sesuai dengan papan plang.

"Alhamdulillah tahun ini pengerjaan terlaksana. Bukan hanya warga senang, karena bisa untuk mencegah banjir. Tetapi juga untuk kepentingan warga ketika hendak pergi berjualan di sekitar pasar," sambungnya

Sedangkan untuk biaya pengerjaan drainase ini memiliki biaya sebesar Rp 1.201.512.000,00 Rupiah, melalui dana APBD Kota Balikpapan. Dan akan dikerjakan dalam waktu sekitar 135 hari kalender. Sementara itu, untuk pengerjaan dilakukan oleh DPU melalui kotraktor pelaksana CV Putra Tunggal Mandiri yang diawasi dari PT Rodenta Kosultan selaku pengawas.

Selain itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya tidak membuang sampah dalam drainase, maka itu perlu adanya kesadaran dari masyarakat terkait kebersihan lingkungan, serta tidak lupa mengajak masyarakat untuk rutin melaksanakan kegiatan kerja bakti massal untuk membersihkan drainase.

"Harapannya pengerjaan bisa sesuai tepat waktu, dan setelah pengerjaan warga juga bisa selalu menjaga fasilitas yang sudah diperbaiki," ungkapnya. (may/san)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di