PKM Poltekba di Toga Warna-Warni Kelurahan Sungai Nangka

Pemanfaatan Sampah Terpadu Berbasis Ecobrick dan Peningkatan SDM Pengolahan Sampah


28 Sep 2022, 08:37:21 WIB

PKM Poltekba di Toga Warna-Warni Kelurahan Sungai Nangka

TRI DHARMA: Kegiatan PKM Poltekba di Toga Warna warni Sungai Nangka berupa pemanfaatan sampah terpadu dan peningkatan SDM pengolahan sampah


BALIKPAPAN – Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Politeknik Negeri Balikpapan yang diketuai oleh Rahmad Bangun Giarto S.T M.Eng dan beranggotakan M. Isram Nur Ain S.T M.Sc, Masrul Huda M.A dan Ali Arifin S.T M.T mempunyai program untuk membantu dalam hal pengoptimalan Kawasan Toga Warna-Warni Komplek POKA di Kelurahan Sungai Nangka, Balikpapan Selatan.

Dikatakan Rahmad Bangun, dua program unggulan yang ditawarkan adalah pengolahan limbah plastik menjadi produk layak pakai dan berdaya jual serta penambahan instalasi pengelolaan tanaman hidroponik.

"Kegiatan PKM dilakukan dengan diskusi pendahuluan pada 4 Maret 2022 bersama Lurah Sungai Nangka, Sanrang S.Sos, dan mendapat beberapa masukan terkait kondisi existing kawasan Toga tersebut," jelas Rahmad.

Dikutip dari Lurah Sanrang, bahwa kebun Toga Warna Warni ini menghadapi kendala dalam hal pengolahan sampah plastik.

"Dengan kondisi tersebut, Tim PkM Poltekba berusaha membantu lewat pelatihan pemanfaatan sampah dengan menjadikan sampah plastik menjadi produk (ecobrick)," jelas Rahmad.

Untuk itulah tim PKM Poltekba mengundang pemateri, Asmak Nur Azizah S.E pada pelatihan ecobrick yang dilakukan pada Sabtu (10/9) di Kawasan Toga Warna serta dihadiri puluhan peserta warga Kelurahan Sungai Nangka.

Kegiatan yang menyedot animo keingintahuan yang luar biasa dari peserta pelatihan.

"Kebanyakan peserta tertarik untuk selanjutnya mendayagunakan limbah plastik rumah tangga seperti plastik kresek sayuran dan bungkus bumbu dapur menjadi bahan produk ecobrick," jelas Rahmad kembali.

Ditambahkan Asmak pada peserta, bahwa produk ecobrick tidak hanya bisa dipergunakan tetapi juga layak untuk diperjualbelikan.

Program lain dari Tim PkM Poltekba yaitu membantu instalasi pengelolaan hidroponik.

"Hal ini dilakukan untuk menambah income generator dari kawasan Toga karena terbukti hasil panen dari tanaman hidroponik ini mempunyai nilai jual yang tinggi di masyarakat," papar Rahmad.

Atas kegiatan PKM Poltekba di Toga Warna warni Sungai Nangka, Lurah Sanrang menyampaikan apresiasi kepada tim.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan, tentunya hal ini sangat bermanfaat sekali bagi kami dan pengelola Toga warna warni,” pungkasnya. (*/han)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di