Promosikan Pantai Seraya, Gelar Lomba Hias Perahu

Program Kelurahan melalui Gerakan Nelayan Peduli Wisata


29 Okt 2019, 11:32:11 WIB

Promosikan Pantai Seraya, Gelar Lomba Hias Perahu

PERLU DIKEMBANGKAN: Lomba menghias perahu dan menggelar kesenian rakyat menjadi salah satu cara Kelurahan Sepinggan Raya mempromosikan Pantai Seraya, dekat Bandara SAMS Sepinggan sebagai destinasi wisata.


balikpapanPos-online.co.idPeningkatan potensi destinasi wisata untuk di Kota Minyak memang tidak ada habisnya. Terbaru dalam waktu dekat ini, Pihak Kelurahan Sepinggan Raya (Seraya) bakal me-launching destinasi wisata baru, yakni Pantai Seraya. Dimana lokasinya sangat strategis, yakni tidak jauh dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan. Lokasi di bagian belakang, dekat runway.

Demi memperkenalkan dan menarik wisatawan untuk tertarik berkunjung, dimana pada 2 November nanti menggelar lomba menghias perahu. Sehingga dipastikan menarik masyarakat untuk melihat lebih dekat perlombaan itu. Tempatnya yang strategis dan tak jauh dari bandara menjadi poin lebih. Dikarenakan jika pengunjung pandai atau mampu mengambil angle foto, pasti bakal bagus hasilnya, mengingat selain menawarkan spot Pantai Seraya, juga besar kemungkinan berhasil memotret pesawat lagi landing atau terbang. Tentunya dalam satu frame itu terlihat menakjubkan.

Sementara saat awak media ini mencoba mendatangi Pantai Seraya kemarin (28/10) siang, terhampar corak warna dan indah perahu yang telah dihias maupun yang belum. Semua itu bersaing untuk menjadi yang terbaik. Hanya saja masih banyak pembenahan atau penataan yang harus dilakukan, khususnya masalah kebersihan sampah plastik yang terbawa arus.

Meski belum di-launching secara resmi, namun telah banyak pengunjung yang berdatangan saat akhir pekan. Bukan hanya ingin refreshing, pengunjung yang datang juga didominasi pemancing yanhg menyewa perahu nelayan atau speed milik warga sekitar.

“Sudah banyak orang ke sini (Pantai Seraya) setiap Minggu. Kira-kira semenjak gerbang Pantai Seraya terpasang dua bulan lalu,” kata sariono, salah seorang warga RT 28 Sepinggan Raya.

Babe –biasa disapa Sariono menuturkan, bahwa tak jarang masyarakat yang datang ke Pantai Seraya belum mengetahui bahwa pantai belum diresmikan. Ia pun menerangkan dengan adanya destinasi itu diyakini mampu membantu perekonomian warga sekitar.

“Kadang sampai sini, barulah mereka (wisatawan) bilang, belum dibuka resmi toh. Rata-rata mereka tahunya dari media. Ini juga secara langsung membantu warga, dimana bisa berjualan,” terangnya.

Secara terpisah, Lurah Sepinggan Raya Arifuddin mengatakan, sebelum menggelar lomba perahu hias pada 2 November nanti, pihaknya akan kembali melakukan peremajaan, khususnya masalah sampah. Meskipun pihaknya dan mitra kerja, telah rutin melakukan KBM.

“Sebelumnya sudah KBM di sana (Pantai Seraya). Tapi akhir-akhir ini sering hujan, jadi Jumat nanti kami akan KBM lagi,” ucap mantan Kasi Trantib dan Lingkungan Hidup Kelurahan Sungainangka ini.

Dijelaskannya, adanya pergelaran lomba menghias perahu bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan dan potensi wisata dari kelompok nelayan. Mengingat Pantai Seraya menyimpan potensi besar dalam pengembangan wisata. Bukan hanya pantai dan pesisirnya, tetapi para nelayan itu sendiri. Untuk pemberdayaan nelayan tersebut, program Gerakan Nelayan Peduli Wisata diusung Sepinggan Raya. Nantinya saat launching Pantai Seraya, juga ada hiburan kesenian rakyat berupa kuda lumping.

“Kenapa kami (Kelurahan Sepinggan Raya) gelar lomba menghias perahu, karena jika perahunya cantik dengan cat-nya yang beragam warna. Tentunya menarik minat pengunjung untuk menyewa, baik untuk mancing, berfoto atau sekadar berkeliling di laut Pantai Seraya. Jadi banyak spot-spot untuk berswafoto ria,” pungkasnya. (wal/rus)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di