Puspaga Salah Satu Inovasi Balut

Meningkatkan Kemampuan dalam Melindungi Keluarga


20 Sep 2019, 12:01:30 WIB

Puspaga Salah Satu Inovasi Balut

Fachrul Razji


BALIKPAPAN - Kecamatan Balikpapan Utara (Balut) membentuk Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) sebagai salah satu inovasi kecamatan.

Puspaga Balut ini bertujuan untuk meningkatkan kehidupan keluarga dan ketahanan keluarga. Secara lebih spesifik, berfungsi sebagai layanan satu pintu keluarga, Integratif berbasis anak.

"Meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak dapat menunjang tumbuh kembang anak secara optimal," kata Camat Balut Fachrul Razji kepada Balikpapan Pos, kemarin.

Selain itu, Puspaga ini juga untuk menekan angka kekerasan yang ada pada keluarga di Balut, mulai dari kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan pada anak, serta masalah apa saja yang terjadi pada keluarga.

"Serta untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera yang dilakukan oleh tenaga profesional seperti tenaga konselor, baik psikolog atau sarjana profesi bidang psikologi, bimbingan konseling yang telah memahami konvensi hak anak, melalui peningkatan kapasitas orang tua yang bertanggung jawab terhadap anak dalam mengasuh dan melindungi anak dari kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah, dan penelantaran," ucap Fachrul.

Sementara itu, untuk Puspaga di Balut dibuka setiap 2 kali dalam sebulan yakni di setiap Kamis di Minggu pertama dan ketiga, pada pukul 09.00-15.00 WITA.

"Hal ini salah satu unsur prioritas dalam pelaksanaan kebijakan sebagai Kota Layak Anak (KLA)," jelasnya.

Dirinya memaparkan bahwa salah satu motivasi dalam pembentukan Puspaga ini untuk pencegahan, bahkan penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dapat diwujudkan melalui berdirinya Puspaga.

"Semoga dengan adanya Puspaga ini, khususnya Balut bisa mengurangi angka kekerasan dalam keluarga," pungkasnya. (may/san)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di