Serentak Putuskan Keluar Kepesertaan PKH

Pasca Sosialisasi Program di Balikpapan Tengah


15 Okt 2019, 14:55:46 WIB

Serentak Putuskan Keluar Kepesertaan PKH

KELUAR MASSAL: Sebanyak 20 peserta PKH yang keluar serentak setelah mengikuti sosialisasi di Kecamatan Balikpapan Tengah.


balikpapanPos-online.co.id- Dalam rangka pelaksanaan program kerja pemerintah Kecamatan Balikpapan Tengah (Balteng) tahun anggaran 2019 akan melaksanakan kegiatan sosialisasi pembinaan Program Keluarga Harapan (PKH) tentang validasi dan verifikasi bagi peserta PKH yang sudah lebih tiga tahun.

Pelaksanaan berlangsung di Aula Kelurahan Gunung Sari Ulu (GSU) Balteng dengan menggelar sosialisasi PKH. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang digelar kecamatan melalui dinas sosial.

Peserta yang diundang sebanyak lima puluh penerima bantuan sosial (bansos) PKH Kementerian sosial (Kemensos) dari masing-masing kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Balikpapan Tengah.

"Jadi peserta PKH yang lebih 3 tahun akan di undang hadir untuk mengikuti sosialisasi, dan kegiatan di ikuti untuk semua kelurahan yang ada di Balteng," kata Kabid Linjamsos, Suparto.

Hadir dalam sosialisasi, Dinas Sosial kota Balikpapan diwakilkan kabid Linjamsos dan kasi jaminan sosial serta pendamping PKH se-Balteng, kasi Pemberdayaan Masyarakat di masing-masing kelurahan. Tujuan sosialisasi salah satunya sebagai bentuk pembinaan bagi peserta PKH sekaligus pendataan ulang kembali peserta penerima PKH.

Dalam penyampaiannya Suparto menjelaskan, bahwa ada lima komponen yang termasuk penerima bansos PKH yaitu ibu hamil, disabilitas, lansia, balita dan anak sekolah. Jumlahnya pun berbeda beda untuk nilai bantuannya yang diberikan kepada KPM PKH karena dilihat dari jumlah kategorinya.

"Diimbau juga kepada KPM PKH supaya bisa memanfaatkan dana bansos PKH sesuai kebutuhan yang penting. Jangan sampai di belikan untuk rokok bila ada sisa namun alangkah bagusnya sisa uang bansos disimpan kemudian bisa juga diputar untuk modal usaha supaya tidak cepat habis," papar Suparto.

Selain itu ditayangkan juga beberapa peserta yang mengajukan secara graduasi mandiri baik normal maupun yang berhasil dalam menjalani usaha, sehingga akhirnya bisa sejahtera dan mandiri. Tujuannya supaya bisa memberikan motivasi bagi KPM PKH yang hadir agar bisa termotivasi dengan melihat peserta PKH yang sudah memutuskan keluar, namun masih layak.

"Kami harap jangan sampai malah merasa nyaman menerima bansos, sehingga tidak keluar dari PKH dan yang sudah mampu masih mengaku miskin. Menurutnya untuk ke depan akan ada rencana penempelan stiker bagi penerima PKH," imbuhnya.

Setelah selesai memberikan gambaran terkait dengan KPM PKH yang keluar secara sukarela atau graduasi mandiri. Sebanyak dua puluh peserta PKH yang hadir langsung mengajukan pengunduran diri dari kepesertaan PKH dengan alasan yang berbeda. Sularto pun terharu karena apa yang tadi dijelaskan bisa menyadarkan peserta PKH yang sudah mampu dan sejahtera dalam ekonomi keluarga.

"Dan ini jarang terjadi setiap melakukan sosialisasi PKH di setiap Kecamatan baru kali ini saya melihat peserta PKH yang keluar secara serentak, salah satunya di wilayah Balteng," akunya.

Kasi Kesos Kecamatan Balteng Hartati pun mengapresiasi atas beberapa peserta PKH yang keluar secara sukarela. Ternyata dengan seringnya dilaksanakan sosialisasi dan pembinaan pada penerima PKH bisa menggugah hati mereka terutama bagi yang sudah mampu secara ekonomi supaya bisa bergantian. Pihak kecamatan pun akan menjadwalkan rutin kegiatan ini supaya lebih banyak lagi peserta PKH yang graduasi mandiri.

"Kegiatan akan terus kami lakukan, demi menurunkan angka kemiskinan di Balikpapan, khususnya untuk warga Balteng sendiri yang masih banyak peserta PKH-nya," pungkasnya. (may/rus)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di