Tak Memadai. Warga Keluhkan Puskesmas GSU

Pihak Kelurahan Akan Melakukan Relokasi


29 Mei 2020, 13:00:10 WIB

Tak Memadai. Warga Keluhkan Puskesmas GSU

TINJAU TEMPAT : Seluruh pihak terkait melakukan kajian relokasi Puskesmas Gunung Sari Ulu yang diusulkan sejak tahun 2017 lalu.


Balpos.com, BALIKPAPAN - Terkait dengan usulan pemindahan Puskesmas Gunung Sari Ulu (GSU), Balikpapan Tengah (Balteng) yang sudah diusulkan sejak puskesmas akreditasi tahun 2017 lalu, melalui Bappeda Litbang ke Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.  Pihak kelurahan beberapa waktu lalu sudah melakukan pengecekan beberapa lokasi terkait relokasi tersebut.

Saat dikonfirmasi Balikpapan Pos, terkait dengan relokasi itu, Kepala Puskesmas GSU drg Farida menjelaskan, bahwa usulan ini berasal dari keluhan masyarakat ketika puskesmas sedang konsultasi keliling (konsling) lingkungan. Dan saat itu lah warga menyampaikan ke puskesmas tentang keluhan sarana dan prasarana di puskesmas yang belum memadai, seperti kurangnya lahan parkir, ruang tunggu tidak nyaman serta ruang pemeriksaan yang sempit.

"Jadi keluhan itu kami terima ketika kami sedang keliling kampung untuk melakukan pemeriksaan, di beberapa titik lokasi pemeriksaan terdapat masyarakat yang menyampaikan hal tersebut, sehingga kami menampung aspirasi yang mereka sampaikan untuk diteruskan ke pihak terkait," kata Farida.

Sedangkan keluhan itu tidak hanya ke puskesmas saja, tetapi masyarakat juga menyampaikan keluhan itu ke kelurahan, sehingga kelurahan berkoordinasi dengan puskesmas untuk mengajukan ke Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. Apalagi kelurahan juga mendukung untuk merelokasi puskesmas, melihat kondisi sekarang yang belum memadai.

Dan dalam rencana relokasi yang dilakukan beberapa waktu lalu, dihadiri langsung dari Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang (DPPR), Bappeda, Disperkim, Dinas Kesehatan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Puskesmas GSU, Kelurahan GSU, Kecamatan Balteng telah memantau tiga titik lokasi, yaitu di rumah dinas kelurahan, Perumahan Pesona Azarya, dan Perumahan Green Valley.

"Kami berharap kedepannnya pembangunan gedung Puskesmas GSU bisa dibangun lebih baik dari sekarang, dengan memenuhi peraturan kemenkes No 43 tahun 2019 tentang luas tanah yang digunakan untuk puskesmas," imbuh Farida.

Di tempat terpisah, Lurah GSU Ririn Trisnawati menambahkan, beberapa tahun lalu lurah bersama LPM juga sudah mengajukan surat persetujuan relokasi puskesmas, karena memang dilihat dari kriteria layaknya puskesmas itu belum memadai. Sehingga kelurahan bersurat ke Dinas Kesehatan untuk ditindaklanjuti, dan bersyukurnya di tahun 2020 ini sudah ada kajian untuk relokasi.

"Dan kajian relokasi itu sendiri ada 3 titik lokasi dari hasil analisa pihak ketiga. Pertama belakang kelurahan, perumahan Azarya, dan perumahan Green Valley. Memang dari pihak pengembang sudah mengalokasi rencana untuk membangun posyandu untuk pemeriksaan bayi, balita dan lansia," papar Ririn.

Dirinya menegaskan, untuk wilayah GSU sendiri tidak ada lahan pemkot, sehingga relokasi dilakukan sesuai prosedur ganti rugi kepada masyarakat. Dan untuk relokasi ini kelurahan sangat setuju sekali, karena memang melihat keadaan puskesmas yang bagus, namun belum memiliki faslitas yang nyaman sehingga perlu adanya relokasi.

"Apalagi lokasi puskesmas juga berada di tikungan dan tanjakan, sehingga sangat berbahaya untuk warga yang berkunjung ke puskesmas. Sementara untuk tindak lanjutnya, masih melihat hasil kajian yang dilakukan, dan ketika disetujui dan memenuhi syarat. barulah pemerintah akan melakukan penghitungan untuk mengganti lahan masyarakat yang membutuhkan proses," pungkasnya. (may/san)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Kurs Valuta

UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40