TNI Realisasikan Program Sejuta Jamban

Setiap Rumah Perlu Jamban Sehat


20 Sep 2019, 12:00:08 WIB

TNI Realisasikan Program Sejuta Jamban

MANUNGGAL : Pengerjaan jamban yang dilakukan oleh prajurit TNI Koramil 0905/02/Balikpapan Barat di RT 9 Margo Mulyo hampir rampung.


BALIKPAPAN - Kodam VI/Mulawarman melalui Koramil 0905-02/Balikpapan Barat, dalam rangka memperingati HUT TNI ke 74 tahun 2019 melalui Karya Bhakti TNI Satnonkowil tingkatkan perilaku hidup sehat serta memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dengan melaksanakan kegiatan program jamban.

Pembuatan jamban untuk warga tersebut merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat di salah satu rumah warga wilayah RT 9 Kelurahan Margo Mulyo, Balikpapan Barat, beberapa hari lalu.

Sersan Mayor (Serma) Hendra mengatakan, program ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat berbasis masyarakat. Serta, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Program stop BABS dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban.

"Sebelum pengerjaan memang kami melakukan pengecekan lokasi untuk memastikan bahwa rumah tersebut tidak memiliki jamban dan layak untuk menerima bantuan tersebut," kata Serma Hendra.

Program ini dilakukan bersama babinsa kelurahan bersama dengan masyarakat. Pelaksanaan pembuatan jamban ini dimulai dengan penggalian lubang septic tank milik warga, seorang warga yang belum memiliki jamban sehat.

Menanggapi program sejuta jamban yang dicanangkan pemerintah, warga masyarakat setempat merespon dengan ucapan terimakasih dan menyambutnya dengan antusias untuk membantu menyukseskan program tersebut. Sebab, sebelumnya warga setempat masih buang sembarangan baik ke aliran parit maupun sungai.

"Dalam pengerjaan ini, warga sangat senang karena wilayah sekitar yang belum memiliki jamban mendapatkan bantuan pembuatan jamban, sehingga tidak perlu lagi buang air sembarangan," ucap Hendra.

Sementara itu, menurut Hendra, bahwa kebutuhan jamban sesuai data masyarakat yang belum memiliki jamban untuk wilayah Margo Mulyo masih banyak, walau mereka tinggal di kota.

“Menurut laporan dari Babinsa yang belum memiliki jamban di wilayah Margo Mulyo masih sangat membutuhkan, lantaran karena kebanyakan ekonomi warga hanya cukup untuk sehari-hari," ungkapnya. (may/san)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di