Upacara HUT Bhayangkara Tetap Khidmat




02 Jul 2020, 13:32:19 WIB

Upacara HUT Bhayangkara Tetap Khidmat

APEL DARING: Muktiono bersama personelnya mengikuti upacara vicon peringatan HUT ke-74 Bhayangkara di Mapolda Kaltim, Rabu (1/7).


balpos.com, BALIKPAPAN - Upacara memperingati HUT ke-74 Bhayangkara berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Jika di tahun-tahun lalu upacara Bhayangkara digelar di tempat terbuka, tidak dengan tahun ini. Kali ini kepolisian di Balikpapan menggelar upacara melalui dalam jaringan (daring) atau online di tempat tertutup.

Seperti yang terlihat di Polda Kaltim, Rabu (1/7) pagi. Kepolisian provinsi itu melangsungkan upacara Hari Bhayangkara di Gedung Mahakam Mapolda Kaltim. Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono bertindak sebagai inspektur upacara. Kegiatan diikuti Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan, Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Edhy Moestofa, dan beberapa pejabat utama Polda Kaltim lainnya. Selain itu, Gubernur Kaltim Isran Noor serta beberapa anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaltim juga mengikuti upacara tersebut.

Melalui video conference (vicon), mereka melangsungkan upacara bersama Presiden RI Joko Widodo, Kapolri, dan seluruh instansi Polda yang ada di Indonesia. Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memimpin langsung jalannya upacara dari istana negara di Jakarta.

Namun bukan hanya Polda, Polresta juga mengikuti upacara vicon tersebut. Mereka menggelar upacara daring di ruang rapat Rupatama Mapolresta Balikpapan.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengakui ada yang berbeda dengan upacara peringatan Bhayangkara tahun ini. Hal ini terjadi lantaran saat ini pandemi Covid-19 tengah merebak dimana-mana. Sehingga upacara online digelar untuk mencegah penularan Covid-19.

“Meski upacara peringatan Hari Bhayangkara sedikit berbeda dari sebelum-sebelumnya, namun pelaksanaannya tetap berlangsung khidmat dan perayaannya tidak menghilangkan nilai kemanusiaan dan kemasyarakatan,” kata Ade Yaya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada keluarga besar Kepolisian RI. “Atas nama rakyat bangsa dan negara, saya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74 kepada keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia dimanapun saudara-saudara bertugas,” ujar Jokowi.

 “Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian, pengorbanan dan sumbangsih saudara-saudara sekalian dalam rangka menjaga keamanan, menjaga ketertiban dalam menegakkan hukum serta dalam memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Jokowi juga menuturkan, Hari Bhayangkara kali ini diperingati dengan cara berbeda. Karena saat ini Indonesia sedang menghadapi mewabahnya virus corona atau Covid-19 di tanah air. Namun demikian dengan adanya Covid-19 ini, Jokowi meminta masyarakat tidak boleh menyerah. Walaupun ini cobaan yang berat tapi harus bersama-sama menghadapinya.

“Masyarakat tidak boleh menyerah. Ini merupakan cobaan yang berat. Kita harus terus berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi,” tuturnya.

Dalam situasi yang sulit sekarang ini kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat sangat dibutuhkan mulai dari jajaran mabes dan Polda, Polres, dan Polsek sampai Bhabinkamtibmas di desa dan kelurahan. Hal itu dilakukan supaya masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kemudian Polri aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi tetap kondusif, tetap aman dan damai,” ungkapnya.

Jokowi juga menegaskan, bahwa keselamatan rakyat adalah yang paling utama, dan kepentingan rakyat adalah hukum tertinggi. Karena itu lakukan tugas kemanusiaan ini secara persuasif dan humanis. Sehingga dalam menangani pelanggaran hukum supaya Polri tetap profesional.

“Harus tetap waspada cepat tanggap dan tegas dalam menangani setiap pelanggaran hukum dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat,” ungkapnya.‎

Sedangkan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis merasa bersyukur atas terselenggaranya HUT Bhayangkara ke-74 dalam situasi pandemi Covid-19. Meski tidak ada perayaan besar-besaran, Polri tetap bisa menggelar acara secara sederhana seperti upacara di Istana Negara bersama Presiden Jokowi.

Pada HUT Polri tahun ini, Idham turut menyampaikan apresiasi atas dukungan semua pihak selama ini. Melalui dukungan itu, Polri hisa memberikan layanan kepada masyarakat secara baik.

“Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama selama ini kepada rekan media, kepada masyarakat Indonesia yang telah memberikan support dan dukungan sehingga Polri bisa melakukan pengabdian yang terbaik sampai saat ini,” kata Idham Azis.

Idham tak memungkiri Korps Bhayangkara yang dipimpinnya masih memiliki banyak kekurangan. Hal itu pula yang akan menjadi bahan evaluasi institusi demi pengabdian kepada masyarakat.

“Saya sekali lagi atas nama institusi Polri tentu saya juga harus minta maaf, memohon maaf kepada seluruh masyarakat apabila sampai saat ini ekspektasi masyarakat terhadap Polri belum maksimal,” ucapnya.

Kedepan, kata Idham, Polri akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Di dada kami semua yang ada adalah bagaimana kita memberikan pengabdian yang terbaik kepada nusa dan bangsa,” pungkasnya. (bp2/jpc/cal)




Moderated by balpos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Kurs Valuta

UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40